Ini Manfaat Dari Makan Pisang Dimalam Hari

0
278

Bolehkah memakan pisang di malam hari terutama setelah makan malam?

Beberapa orang berpendapat bahwa itu tidak baik karena dapat mengganggu pencernaan. Namun kenyataan berkata lain, pasalnya pisang benar-benar diperbolehkan dimakan di malam hari atau setelah makan malam.

Pada dasarnya pisang adalah buah yang sangat sehat, karena mengandung sejumlah nutrisi dalam bentuk vitamin dan mineral. Para ahli bahkan menyarankan agar kita memakan pisang di malam hari. Ternyata memang ada banyak hal yang akan terjadi pada tubuh ketika kita mengonsumsi pisang di malam hari. Kira-kira apa saja? Berikut ulasannya!

1. Meningkatkan kualitas tidur
Makan pisang malam hari memiliki banyak manfaat. Hormon yang disebut sebagi melatonin sangat penting untuk tidur sehat. Ketika Anda memakan makanan seperti pisang di malam hati, maka hormon tersebut akan meningkat. Karena pisang memiliki kandungan triptofan dan asam amino yang meningkatkan tingkat melatonin dan menyembuhkan insomnia.

2. Meningkatkan asupan nutrisi tubuh
Kalium dan mineral sangat penting untuk tubuh setiap harinya. Karena dapat menjaga masalah seperti tekanan darah tinggi. Orang dewasa harus memiliki dosis kalium 4700mg per hari. Tetapi seringnya justru kita tidak memiliki itu.

Oleh karena itu, memakan pisang di malam hari dapat menebus kekurangan kalium. Demikian juga, satu porsi pisang di malam hari dapat mencukupi dosis harian untuk magnesium yang merupakan nutrisi penting bagi tubuh.

3. Pengganti gula
Kebanyakan dari kita selalu ingin merasakan makanan yang manis setelah makan malam. Sayangnya, makanan manis di malam hari dapat menyebabkan banyak kerugian, salah satunya adalah obesitas.

Untuk mengatasi permasalahan ini, pisang bisa menjadi solusi. Meskipun pisang bukan makanan yang bergula, namun terbukti sangat menguntungkan. Pisang tidak hanya mencukupi kebutuhan manis, tapi juga memberi kita banyak nutrisi penting.

4. Mengurangi kram otot
Jika Anda sering mengalami kram otot di malam hari karena beberapa alasan, maka makan pisang bisa mengurangi risiko tersebut. Sekali lagi, kandungan pisang memiliku dua elektrolit, yaitu kalium dan magnesium yang terbukti membantu ‘mengatur’ ketidakseimbangan pada tubuh yang dapat menjadi salah satu alasan terbesar kram otot.

5. Meningkatkan asupan serat
Serat adalah salah satu zat yang sangat penting untuk membuat sisem pencernaan menjadi baik. Tidak hanya itu, serat juga memlihara kesehatan jantung serta mengurangi kemungkinan diabetes. Oleh karena itu, makan pisang di malam hari bisa memenuhi dosis yang dianjurkan untuk mengonsumsi serat bagi tubuh.

Berikan Komentarmu