MUI Sebut Demo Ahok Tak Terkait Pilkada DKI 2017

0
473

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menilai aksi tuntut Gubernur non aktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok) tak terkait dengan politik. Apalagi, aksi tersebut dilakukan saat masa kampanye Ahok di Pilkada DKI 2017.

“Sulit dihindari memang karena kejadiannya di masa-masa pilkada. Melihat apa ada kaitannya atau tidak sebenarnya mudah sekali. Sama sekali tidak karena dalam tuntutan-tuntutan kita tidak ada sama sekali harus dibatalkan statusnya sebagai cagub atau harus segera diproses sebelum pencoblosan,” kata Wakil Sekjen MUI, Muhammad Zaitun Rasmin di Warung Daun, Cikini.

Menurut Zaitun, sebetulnya kasus ini bisa dicegah jika Ahok dapat mengontrol cara bicaranya. Dia pun menegaskan momen Pilkada DKI 2017 tidak mempengaruhi kasus Ahok.

“Andai terjadi di luar Pilkada tetap akan kencang. Bahkan, jika dia muslim tetap akan diproses. Ini bukan karena dia nonmuslim atau etnis,” pungkasnya.

Setelah menggelar rapat terbatas dengan Menko Polhukam Wiranto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, Presiden Joko Widodo akhirnya angkat bicara terkait aksi unjuk rasa besar-besaran yang berujung bentrokan di sejumlah tempat di ibu kota. Presiden Jokowi menyesalkan bentrokan antara polisi dan massa pendemo di depan Istana Merdeka.

“Kita menyesalkan kejadian setelah Isya, seharusnya sudah bubar tapi menjadi rusuh,” ujar Presiden Jokowi.

Jokowi mengatakan, ada dalang di balik bentrokan yang terjadi di depan Istana Merdeka. “Dan ini kita lihat ditunggangi aktor politik yang manfaatkan situasi,” tegas Jokowi.

Terkait tuntutan pendemo, Kepala Negara menegaskan bahwa sudah disampaikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada perwakilan massa aksi bahwa proses hukum terhadap calon petahana Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok akan dilakukan secara tegas, cepat dan transparan.

Karena itu Jokowi meminta massa pendemo untuk kembali ke rumah masing-masing. Dia juga meminta aparat keamanan bekerja keras menyelesaikan proses penegakan hukum dengan adil.

Berikan Komentarmu