Cara-Cara Maksimalkan Dekorasi Pernikahan Tanpa Rogoh Koceh Dalam-Dalam

0
215

Sebuah perayaan pernikahan belumlah sempurna tanpa adanya dekorasi yang sesuai. Meskipun nampak sederhana, dekorasi bisa mengubah lokasi pernikahan menjadi sebuah venue pesta perayaan yang lebih magical dan berkesan, sesuai dengan yang diimpikan.

Memilih tema dekorasi pernikahan tidaklah mudah. Dibutuhkan banyak pertimbangan dan persiapan. Sebelum memilih vendor, persenjatai diri dengan beberapa pengetahuan dasar seputar dekorasi seperti berikut ini.

Cari referensi tema pernikahan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memilih tema dan palet warna dari pernikahan Anda. Lakukan pencarian terlebih dulu untuk mendapatkan gambaran kasar tentang tampilan dekorasi pernikahan kelak. Dari situ Anda jadi tahu mana yang bisa dan tidak bisa digunakan pada dekorasi.

Buat daftar secara lengkap

Coba tulis semua elemen dekorasi yang dibutuhkan. Misal, lampu gantung, lilin, pigura foto yang akan digunakan. Tuliskan secara spesifik dan detail, termasuk kuantitas, warna, dan jika perlu di mana bisa mendapatkannya.

Jika Anda termasuk orang yang visual, buat papan inspirasi yang berisi gambar-gambar dari barang yang diinginkan.

Taat pada budget

Tidak memiliki budget yang besar untuk dekorasi pernikahan? Tidak perlu khawatir. Pilihlah vendor yang menyediakan jasa dengan harga sesuai budget.

Terbukalah pada vendor tentang anggaran Anda dan berapa jumlah biaya yang sudah disiapkan untuk dekorasi. Sebab ini akan membantu mereka mencari segala sesuatu yang cocok dengan anggaran tersebut.

Berikan info secara detail

Jangan katakan hijau jika yang diinginkan adalah turquoise, atau mengatakan merah padahal yang diinginkan adalah maroon. Begitu pula dengan bunga, karena mawar, anggrek dan lili memiliki beragam jenis yang dapat dipilih. Cari tahu nama warna yang tepat dan simpan gambarnya di telepon genggam. Ini akan membantu Anda saat mencari barang-barang dekorasi sendiri. Plus, vendor pun bisa lebih akurat saat melakukan dekorasi nanti.

Diskusi semua dengan vendor

Ini bertujuan untuk menyamakan pandangan. Kadang Anda perlu melepaskan ego sedikit, terutama ketika yang ahli memiliki saran mengenai palet warna dan tema pernikahan yang lebih baik. Bersikaplah terbuka dan jangan langsung menolak segala saran yang tidak sejalan dengan pikiran Anda.

Jangan lupakan pencahayaan

Baik pesta di dalam atau di luar ruangan, pencahayaan yang tepat mampu membuat dekorasi tampak lebih maksimal. Jangan lupa untuk mengkalkulasi area tempat resepsi yang membutuhkan pencahayaan. Dan serahkan penataannya pada yang sudah berpengalaman karena sistem pencahayaan dapat cukup rumit untuk dikerjakan oleh yang tidak berpengalaman.

Pilih bunga yang tepat

Coba tata beberapa jenis bunga untuk melihat apakah sudah selaras atau belum. Jangan paksakan membuat tatanan bunga dari semua bunga yang disukai saja, tanpa memikirkan komposisinya.

Berikan Komentarmu