Kapolri Tito Diminta Tidak Gegabah Keluarkan Informasi Terkait Makar

0
274

Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jazuli Juwaini meminta Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk tidak sembarangan mengeluarkan pernyataan makar soal rencana demo 2 Desember nanti. Menurutnya, jika Tito salah mengeluarkan informasi maka akan berdampak buruk bagi stabilitas politik dan keamanan.

“Kapolri tidak boleh gegabah mengaitkan demonstrasi yang akan digelar dengan makar. Ini tuduhan serius. Pengaitan tersebut hendaknya berdasarkan informasi intelejen yang akurat dan objektif,” kata Jazuli melalui pesan tertulisnya.

Jazuli menegaskan tuduhan soal agenda makar harus dibuktikan dengan data dan informasi akurat sehingga tidak menimbulkan keresahan publik. “Polri adalah lembaga penegak hukum, bukan lembaga politik. Tuduhan makar harus bisa diproses dan dibuktikan agar tidak menimbulkan keresahan publik. Jika tidak, tuduhan itu bisa politis dan liar serta memecah belah masyarakat,” tegasnya.

Anggota Komisi I ini beranggapan kegiatan demonstrasi telah menjadi hak warga negara yang dijamin konstitusi. Untuk itu, lanjutnya, Polri harus membedakan antara penyampaian pendapat di muka umum dengan tindakan makar.

“Penyampaian pendapat di muka umum jelas dilindungi Konstitusi. Saya berharap sumber intelejen akurat dan objektif agar tidak salah dalam mengambil keputusan dan langkah,” pungkasnya.

Berikan Komentarmu