Putin: Fidel Castro Adalah Teman Sejati Dan Setia Rusia

0
214

Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan pesan belasungkawa kepada Presiden Kuba Raul Castro atas wafatnya tokoh revolusi yang juga Presiden Kuba ke-22 Fidel Castro. Menurut Putin, Fidel Castro merupakan simbol salah satu negarawan yang masuk dalam sejarah setiap negara.

“Nama negarawan terkemuka ini benar dianggap simbol dari seluruh era dalam sejarah dunia,” kata Putin .

Menurut Putin, Fidel Castro menjadikan Kuba negara mandiri dan disegani para sekutunya. Kepemimpinan Fidel Castro pun menjadi inspirasi banyak masyarakat seluruh dunia.

“Ia membawa Kuba menjadi bebas dan mandiri dari sekutu-sekutunya dan membangun menjadi seorang anggota berpengaruh dari masyarakat internasional dan merupakan contoh inspiratif bagi banyak negara dan masyarakat,” kata Putin.

Putin mengatakan, Fidel Castro merupakan teman sejati dan setia negaranya. Banyak yang disumbangkan dalam segala bidang dengan Rusia saat Fidel Castro memimpin Kuba sejak Februari 1959.

“Fidel Castro adalah teman sejati dan setia Rusia. Dia secara pribadi menginvestasikan banyak dalam pendirian dan pengembangan hubungan Rusia-Kuba, kerjasama strategis dekat di semua bidang,” ujar Putin.

Menurut Putin, segala perjuangan Fidel Castro akan selalu dikenang seluruh masyarakat setiap negara termasuk Rusia. “Ingatannya akan hidup selalu di hati Rusia.”

Diketahui, Rusia atau yang dulu bernama Uni Soviet dengan Kuba merupakan sekutu sejak Fidel Castro menjabat presiden menyusul Amerika Serikat memotong semua hubungan dengan negara karibia itu. Isolasi itu dilakukan Amerika Serikat menyusul Presiden Kuba Batista yang didukungnya digulingkan Fidel Castro dan tokoh revolusi Amerika Latin Che Guevara.

Salah satu kedekatan Kuba dan Rusia yang membuat panas seluruh negara yakni peristiwa krisis rudal nuklir Kuba pada Oktober 1962. Saat itu, Fidel Castro mengizinkan Soviet menempatkan rudal nuklir di Kuba sebagai respons AS yang menyebarkan rudal di Turki.

Sebelumnya diberitakan, Fidel Castro meninggal pada usia 90 tahun pada Jumat malam kemarin atau Sabtu. Kabar duka itu disampaikan langsung oleh Presiden Kuba Raul Castro, yang juga merupakan adik Fidel Castro, melalui siaran langsung televisi lokal.

Berikan Komentarmu