Mengatasi Anak Jalanan, Ahok Akan Buat Program Orangtua Angkat

0
224

Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut dua, Basuki Tjahaja Purnama, berjanji jika kembali terpilih melakukan pembinaan pada anak-anak jalanan. Caranya, melalui program orangtua angkat.

Ahok, sapaan Basuki, yakin anak jalanan dapat dikurangi diadopsi. Program orangtua angkat sekaligus memberikan perhatian pada anak agar tidak kembali lagi hidup di jalan.

“Kita banyak program, tapi untuk ke depan menekan angka anak jalanan saya pikir bisa dengan orangtua angkat,” katanya di Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Ahok mengungkapkan, Pemprov DKI Jakarta telah berupaya memberikan bantuan pendidikan kepada mereka dengan Kartu Jakarta Pintar (KJP). Namun permasalahannya adalah pengawasan, maka program orangtua angkat bisa menjadi solusi.

“Tapi namanya sudah kenal uang dan biasa bebas, banyak yang kita sekolahkan tapi malah keluar saat di tengah jalan,” terangnya.

Cara lainnya mendorong semua anak jalanan dan gelandangan masuk ke panti. Terutama bagi mereka yang memiliki KTP DKI dijanjikan masuk rumah susun.

“Cara ini diharapkan anak usia sekolah bisa lebih diperhatikannya. Kalau di rusun mereka dikasih antar jemput segala macam gratis kan,” tutup Ahok.

Sebelumnya, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menemukan 33.000 anak jalanan yang tersebar di seluruh Indonesia. Jakarta menempati nomor urut pertama dengan temuan anak jalanan sekitar 7.600 anak.

Berikan Komentarmu