Bawaslu Sebut AHY-Sylvi Paling Banyak Melakukan Pelanggaran Kampanye

0
228

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mencatat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 1 paling banyak melakukan pelanggaran kampanye. Pelanggaran tersebut terdapat pada pemasangan alat peraga kampanye yang tidak sesuai dengan ketentuan oleh tim kampanye.

“Kita mencatat pasangan nomor urut 1 itu paling banyak melanggar. Pasangan nomor urut 3 itu kedua, dan pasangan nomor urut 2 itu yang ketiga,” ujar Ketua Bawaslu Mimah Susanti, di Hotel Grand Cemara, Gondangdia, Jakarta Pusat.

Pelanggaran alat peraga yang dimaksud oleh Mimah terbagi dalam tiga poin, yakni pemasangan spanduk dukungan relawan yang tidak terdaftar di Bawaslu, lalu pemasangan yang tidak pada titik yang telah ditentukan.

“Ketiga dipasangnya di ruang publik, kan harusnya meminta izin pada pemerintah daerah,” ujarnya.

Menurut dia, pelanggaran tersebut telah disampaikan ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD). DKI. “Sudah kita sampaikan pelanggarannya,” ujarnya.

“Selama dua periode (sebulan) pasangan nomor 1 total pelanggaran ada 120 pelanggaran, nomor 2 ada 50, dan nomor 3 ada 87 pelanggaran,” sambungnya.

Untuk sanksinya, lanjutnya, belum diputuskan oleh KPUD. “Kita hanya melaporkan saja, keputusan sanksinya itu dari KPUD,” pungkasnya.

Berikan Komentarmu