Di Austria, Penduduknya Dilarang Meroko Dirumah

0
220

Pengadilan tinggi Austria melarang penduduknya merokok di rumah atau di balkon dengan jendela terbuka pada jam-jam tertentu. Alasannya agar tidak mengganggu tetangga lain.

Keputusan tersebut dikeluarkan setelah ada laporan seorang profesor universitas yang mengeluh tentang bau asap rokok dari apartemen yang dihuni tetangganya.

Profesor tersebut menceritakan bagaimana penghuni apartemen itu kerap menikmati cerutu di balkon selama musim panas sekitar pukul 02.00 malam. Di musim dingin, mereka itu merokok dengan jendela terbuka, mengganggu tetangga lain yang ingin beristirahat tanpa gangguan asap rokok.

Mulanya profesor tersebut melaporkan kasus ini ke pengadilan distrik. Namun pengadilan tersebut mengeluarkan putusan tetap memperbolehkan merokok selama jendela apartemen di tutup, kecuali pukul 6.00 sampai 22.00. Putusan tersebut dirasa kurang memuaskan sehingga dia membawa kasus ini ke Mahkamah Agung.

Pengadilan tertinggi di negara itu akhirnya memutuskan untuk melarang penduduknya merokok di rumah dengan jendela terbuka dari pukul 22.00 sampai 06.00. Di musim panas, pemerintah juga melarang penduduknya merokok pada jam makan dari pukul 08.00 sampai 10.00 dan pukul 15.00 sampai 20.00.

Keputusan dari Mahkamah Agung diduga akan menyebabkan konsekuensi yang luas bagi para perokok. Austria merupakan salah satu negara dengan tingkat perokok tertinggi di Eropa, terutama di kalangan anak muda.

Berikan Komentarmu