Forum Syuhada Minta Ahmad Dhani Dkk Dibebaskan Saat Demo Didepan DPR

0
199

Ribuan warga yang menggelar aksi 2 Desember di Monas sudah membubarkan diri dari Kawasan Monas. Namun tidak demikian dengan massa dari Forum Syuhada Indonesia (FSI) yang justru menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung DPR/MPR setelah mereka ikut serta dalam aksi di Monas.

Mereka datang dengan tuntutan agar wakil rakyat mendorong Polisi membebaskan 10 orang yang ditangkap atas tuduhan melakukan makar. Seperti diketahui, Polda Metro Jaya mengamankan 10 orang diduga melakukan pemufakatan jahat untuk makar. Delapan orang dikenakan pasal 107 junto 110 junto pasal 87 KUHP berkaitan dengan makar. Sedangkan dua lainnya dijerat pasal Undang-Undang ITE pasal 28.

Mereka yang ditangkap antara lain Ratna Sarumpaet, Rachmawati Soekarnoputri, Ahmad Dhani hingga Sri Bintang Pamungkas. Selain mereka, masih ada empat orang lainnya yang turut ditangkap dengan tuduhan makar.

“Kami tidak main-main dengan apa yang kami tuntut, kami menuntut pembebasan kawan-kawan kami yang telah ditangkap tadi pagi,” ujar Panglima FSI, Niko Nugraha di depan Gedung DPR.

Selain itu, hadir pula Lily Wahid, adik kandung Presiden ke-4 Indonesia Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Dia menegaskan bahwa tujuan aksi hari ini bukan untuk menggulingkan pemerintahan yang sah.

“Kita bersuara di sini bukan untuk melengserkan presiden tetapi, kami hanya ingin diatur dengan aturan dasar yang benar, yang berpihak kepada rakyat.” tegasnya.

Lily menambahkan, aksi kali ini sebagai bentuk kekecewaan rakyat atas pernyataan Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang diduga melakukan penistaan agama.

“Saat kami aksi damai tadi pagi bukan hanya muslim, tapi tadi banyak non-muslim yg mendukung kita, karena mereka benar-benar terpukul,” ucapnya.

Berikan Komentarmu