Maha Vajiralongkorn Resmi Menjadi Raja Thailand

0
415

Maha Vajiralongkorn (64), putra mahkota Thailand resmi dinobatkan sebagai raja Thailand yang baru menggantikan ayahnya, Raja Bhumibol Adulyadej. Dia dinobatkan jadi raja usai menerima undangan dari parlemen untuk menggantikan ayahnya yang meninggal dunia pada Oktober lalu.

Raja Maha Vajiralongkorn Bodindradebayavarangkun bertemu dengan presiden Majelis Legislatif Nasional Pornpetch Wichitcholchai di Istana Dusit. Penobatannya dilakukan 1 Desember kemarin.

“Saya dengan senang hati menerima undangan untuk keuntungan masyarakat Thailand,” ujar sang raja baru lewat pernyataan di televisi.

“Suksesi kerajaan ini untuk stabilitas dan kelanjutan Thailand,” sambung dia.

Diangkatnya Raja Maha Vajiralongkorn sebagai raja Thailand yang baru menepis kekhawatiran adanya ketidakstabilan di Negeri Gajah Putih, usai mangkatnya Raja Bhumibol. Kekhawatiran ini diungkapkan oleh salah seorang diplomat senior yang menolak disebutkan namanya.

Amerika Serikat sebagai sekutu Thailand memberikan ucapan selamat atas diangkatnya Raja Maha Vajiralongkorn.

“Kami memberikan harapan terbaik untuk sang raja dan seluruh masyarakat Thailand,” ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS Mark Toner.

Sejak kematian Raja Bhumibol, Thailand tidak memiliki raja, namun kepemimpinan kerajaan sementara diberikan kepada Prem Tinsulanonda (96) sebagai bupati kerajaan.

Raja Bhumibol yang sangat disayangi rakyatnya merupakan pilar stabilitas selama beberapa dekade guncangan politik di Thailand dan Asia Tenggara.

Kini, Raja Vajiralongkorn diharapkan bisa mengadopsi kebaikan dan kepercayaan yang diberikan rakyatnya kepada mendiang ayahnya, untuk membangun Thailand.

Berikan Komentarmu