Soal Dhani dkk Ditangkap, Jusuf Kalla: ‘Biar Proses Hukum Lah’

0
265

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengaku belum mendapat laporan terkait penangkapan 10 orang yang diduga ingin melakukan makar. Namun, jika dugaan itu benar, JK menyerahkan kepada pihak kepolisian untuk memproses sesuai hukum berlaku.

“Saya juga belum, baru saja mendengar. Nanti proses hukum lah. Kalau dia tidak salah memang pasti tidak apa-apa,” kata JK di Istana Wakil Presiden, Jakarta.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya mengamankan 10 orang diduga melakukan pemufakatan jahat untuk makar. Delapan orang dikenakan pasal 107 junto 110 junto pasal 87 KUHP berkaitan dengan makar. Sedangkan dua lainnya dijerat pasal Undang-Undang ITE pasal 28.

Mereka yang ditangkap antara lain Ratna Sarumpaet, Rachmawati Soekarnoputri, Ahmad Dhani hingga Sri Bintang Pamungkas. Selain mereka, masih ada empat orang lainnya yang turut ditangkap dengan tuduhan makar.

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto tak ingin berkomentar banyak soal penangkapan itu. Namun dia sempat memuji keputusan Polda Metro Jaya menangkap pihak yang hendak melakukan makar.

“Saya kira sudah bagus lah,” kata Wiranto di Istana Negara.

Ditanya pendapatnya soal penangkapan Ahmad Dhani dkk, Wiranto mengaku tak memiliki kapasitas untuk memberikan komentar. Dia menyerahkan sepenuhnya kepada Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian.

“Itu Kapolri yang lebih detail. Jangan sampai nanti saya yang menjelaskan secara garis besar, padahal ada penjelasan yang lebih detail. Termasuk panglima TNI tentu tak punya otoritas untuk menjelaskan. Itu domain polisi,” ujar dia.

Berikan Komentarmu