Rachmawati Akan Ajukan Praperadilan Atas Kasus Dugaan Makar

0
292

Tim Kuasa Hukum Rachmawati Soekarnoputri, Aldwin Rahardian mengaku bahwa kliennya akan mengajukan gugatan praperadilan, usai ada pemeriksaan dari pihak kepolisian terkait dugaan pemufakatan jahat atau makar.

“Ya nanti setelah selesai pemeriksaan, tentunya akan ada upaya lebih lanjut dari itu,” terang Aldwin kepada awak media di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.

Diakuinya, bahwa hingga saat ini pendiri Universitas Bung Karno (UBK) tersebut belum dapat menjalani pemeriksaan oleh pihak kepolisian terkait dugaan pemufakatan jahat atau makar, lantaran masih dalam tahap pemulihan kesehatan.

“Bu Rachmawati masih pemulihan kesehatan dan memang belum siap untuk kembali di periksa,” lanjutnya.

Namun, ia mengaku bahwa kliennya akan bersikap kooperatif pada saat pemanggilan oleh pihak kepolisian untuk menjalani pemeriksaan.

“Tapi koperatif dan tuduhan makar ini menurut saya ini mengada-ada. Ini terlalu jauh, karena ini kita bisa indikasikan, kalau makar ini kegiatan yang terencana dan harus matang,” tandas Aldwin.

Sebelumnya, 11 orang ditangkap karena ingin makar. Saat ini tiga orang yang masih ditahan di Polda Metro antara lain Sri Bintang Pamungkas, Jamran dan Rizal Kobar. Sedangkan 8 orang yang sudah dilepas antara lain Ratna Sarumpaet, Rachmawati Soekarnoputri, Eko Suryo Santjojo, Adityawarman Thahar, Kivlan Zein, Firza Huzein, Alvin Indra dan Ahmad Dhani.

Dhani jadi tersangka dijerat dengan pasal 207 (penghinaan terhadap penguasa). Delapan tersangka dikenai pasal 107 junto 110 junto pasal 87 KUHP tentang Makar, sedangkan JA dan RK dianggap melanggar Undang-Undang ITE pasal 28.

Berikan Komentarmu