Basarnas Sebut 99 Persen Korban Gempa Sudah Dievakuasi

0
440

Mayoritas korban gempa bumi berkekuatan 6,5 SR di Pidie Jaya, Aceh, yang tertimbun bangunan runtuh sudah dievakuasi. Hal itu diungkapkan Deputi Bidang Operasi SAR Basarnas, Mayjen TNI Heronimus Guru.

“Kami telah melakukan observasi di lapangan korban 99 persen sudah tidak ada,” ujar Heronimus di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta.

Hal itu diungkapkannya setelah tim tanggap darurat dibantu pemerintah daerah Pidie Jaya melakukan penyisiran dengan menggunakan life detector di tiga kabupaten yakni, Kabupaten Pidie Jaya, Kabupaten Bireun, dan Kabupaten Pidie.

“Kita sudah lakukan pendeteksian ruko dan bangunan tinggi untuk memastikan dengan alat tersebut tidak ada korban lagi,” terangnya.

Sebelumnya, Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, tim SAR gabungan yang dipimpin oleh Basarnas berjumlah 484 personel terus melakukan pencarian korban di reruntuhan bangunan.

Pencarian itu menggunakan alat-alat berteknologi canggih seperti life locator, life detector, search cam, dan Pal CSSR. Tak hanya alat teknologi, hari ini Jakarta Rescue menerjunkan dua anjing pelacak untuk membantu upaya pencarian tersebut.

“Dalam operasi pencarian, tantangan dihadapi personel SAR ketika menemui reruntuhan berjenis pancake, biasanya pada bangunan bertingkat,” tandasnya.

Berikan Komentarmu