Usai Dinobatkan Menjadi Raja, Raja Baru Thailand Ampuni Ribuan Tahanan

0
424

Raja baru Thailand Maha Vajiralongkorn akan mengampuni 150 ribu narapidana, termasuk para penghina keluarga kerajaan yang sudah dipenjara.

Pernyataan itu disampaikan oleh pejabat setempat hari ini. Maha Vajiralongkorn dinobatkan menjadi raja 1 Desember lalu setelah ayahnya, Raja Bhumibol Adulyadej wafat 13 Oktober lalu.

“Ini adalah kesempatan pertama dari Yang Mulia setelah dia dinobatkan jadi raja untuk menunjukkan pengampunannya,” kata harian kerajaan Royal Gazette. Para narapidana itu akan dibebaskan atau mendapat remisi alias dikurangi masa tahanannya.

Direktur Jenderal Departemen Perbaikan Kobkiat Kasivivat mengatakan para tahanan yang menghina kerajaan dan para terpidana narkoba juga akan diampuni oleh raja.

Pemerintah sejauh ini belum merilis berapa banyak jumlah tahanan yang dipenjara karena menghina kerajaan tapi sejauh ini sudah ada 80 terdakwa sejak pertengahan 2014 silam.

“Setiap narapidana akan dilihat kasus per kasusnya di setiap lembaga pemasyarakatan,” ujar pejabat Kementerian Kehakiman Chanchao Chaiyanukit kepada kantor berita Reuters.

Namun pengampunan dari raja ini tidak termasuk bagi para tahanan kasus pembunuhan dan pemerkosaan.

Berikan Komentarmu