Pantang Bagi Timnas Indonesia Bertahan Hadapi Thailand!

0
260

Tim Nasional Indonesia harus tampil habis-habis saat bertemu Thailand di leg kedua final Piala AFF 2016. Skuad Garuda hanya perlu hasil seri untuk mengukir sejarah.

Pada laga pertama Indonesia unggul 2-1 lewat gol Rizky Pora dan Hansamu Yama Pranata. Keunggulan ini harus dipertahankan saat musuh bebuyutan ini kembali bertanding Rajamangala National Stadium, malam ini.

Thailand tentu bermain menyerang untuk mengejar defisit gol. Anak asuh Alfred Riedl harus mampu keluar dari tekangan agar tidak didikte oleh Teerasil Dangda dan kawan-kawan.

Mantan bomber Timnas, Cristian Gonzales memberikan saran agar Indonesia bisa melayani permainan Thailand. Menurutnya, pantang bagi Boaz dkk untuk bertahan total.

“Bagi kita justru akan sangat menyulitkan untuk mempertahankan diri karena mereka pasti akan menyerang terus,” tuturnya.

Penyerang Arema Cronus ini berharap pasukan Merah Putih tetap santai dan percaya diri menguasai bola. “Saya pikir mereka harus bermain relax dan normal saja. Ini seperti di pertandingan semi final kala menghadapi Vietnam,” tuturnya.

Pemain berjuluk El-Loco ini menilai lini pertahanan Indonesia sudah kian membaik jika dibanding babak penyisihan. Duet Fachrudin Aryanto dan Hansamu harus lebih disiplin menjaga pergerakan lawan.

Pelatih Kuala Lumpur FA, Wanderley Junior menilai jika selama berani menekan, Timnas Indonesia berpeluang memenangi laga ini. Tetapi, jika memilih bertahan total, peluangnya kecil untuk terus bertahan ketika dibombardir tuan rumah.

“Mereka (Thailand) senang sekali menghadapi tim bertahan. Namun, jika kita bisa ambil inisiatif serangan lebih dulu, mereka pasti kaget,” tuturnya.

Menurutnya, Thailand akan sangat fokus menyerang sehingga akan memberi celah di lini belakang. “Ini akan membuat pertahanan mereka jadi terekspos. Ketika tim menyerang, dua stopper jadi panik,” analisanya.

Gelandang serang, Stefano Lilipaly yakin Timnas bisa mempertahankan performa terbaik di leg kedua. Lilipaly berani mengklaim bahwa Garuda sejatinya tak kalah kualitas dari para anak asuh Kiatisuk Senamuang.

“Thailand merupakan tim yang sangat bagus, tetapi kami juga menunjukkan sebagai tim bagus,” ujar Lilipaly yakin.

Pemain FC Telstar ini berharap, performa tersebut bisa dipertahankan rekan-rekannya, khususnya untuk urusan cetak gol. Dia yakin akan bisa membawa Indonesia juara untuk pertama kalinya.

“Kami bertarung dan pada akhirnya meraih kemenangan. Semoga di Thailand kami juga bermain bagus dan membawa kemenangan. Setiap laga kami mencetak dua gol. Semoga kami melakukannya lagi di Thailand,” tandasnya.

Berikan Komentarmu