5 Manfaat Dari Senyum Bagi Kesehatan Tubuh Kita

0
250

Tersenyum adalah kegiatan manusia yang paling menguntungkan. Meskipun pada dasarnya senyum merupakan respon terhadap sesuatu yang membuat seseorang bahagia, namun ternyata senyum jauh lebih dari sekadar aktivitas fisik. Senyum memiliki khasiat bagi kesehatan manusia!

Bahkan jika senyum itu dipaksakan, akan dapat meninggalkan dampak positif pada suasana hati dan kesehatan mental. Senyum mengurangi stres dan menciptakan lingkungan yang rileks.

Nah, untuk lebih lengkapnya, berikut ini kami telah merangkumnya untuk Anda. Lima hal menakjubkan yang akan terjadi pada tubuh saat kamu tersenyum!

1. Senyum tularkan energi positif
Jika kita melihat seseorang tersenyum, maka kita secara otomatis akan cenderung membalas senyum dia. Hal ini membuktikan bahwa senyum adalah kegiatan yang menular. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa ketika kita melihat orang tersenyum, maka hal tersebut akan mengaktifkan area otak yang mengontrol gerakan wajah dan akhirnya akan mengarahkan kita untuk tersenyum.

2. Meringankan stres dan tekanan pada jantung
Pada saat stres melanda seseorang, maka orang tersebut akan sulit sekali tersenyum. Akan tetapi, sebuah penelitian menunjukkan bahwa jika seseorang bisa melakukannya, maka dia akan dapat menyembuhkan stresnya sendiri.

Tidak hanya itu saja, hanya dengan tersenyum, dapat mengurangi tekanan pada jantung dan meninggalkan efek menenangkan.

3. Pelepasan edorfin
Jika Anda masih belum tahu, endorfin merupakan zat kimia yang membuat seseorang merasa bahagia. Biasanya, hormon atau zat kimia tersebut dilepaskan selama aktivitas fisik seperti olahraga dan berjalan. Percaya atau tidak, hanya dengan senyu, dapat melepaskan hormon tersebut dan mengurangi tingkat stres.

Hati akan mudah merasa bahagia. Bahkan jika itu dilakukan dengan terpaksa. Efeknya benar-benar luar biasa!

4. Menguatkan imun tubuh
Tersenyum terbukti membantu tubuh memproduksi sel darah putih yang berfungsi untuk melawan penyakit. Hal ini membuat tubuh mendapatkan kekebalan yang kuat dan lebih baik. Jika Anda masih tidak percaya, beberapa rumah sakit di sejumlah negara menggunakan pengobatan pada anak dengan diselingi cerita-cerita lucu untuk menghibur mereka.

Pasalnya, semakin mereka tertawa maka akan semakin tinggi imun yang didapat.

5. Menyehatkan otak
Tersenyum membuat pikiran mengarah pada kerangka berpikir positif serta dapat menuntun Anda menyesuaikan dengan tantangan baru lebih cepat. Hal ini dapat terjadi karena tersenyum adalah kegiatan yang berharga untuk kesehatan kita. Selain itu, senyum juga dapat memulihkan dengan cepat orang-orang yang mengalami sakit. Tertawa meningkatkan keadaan jantung dan meningkatkan sirkulasi darah dan melemaskan otot-otot.

Berikan Komentarmu