Kapolri : ‘Jaga Nama Baik Satpam’ , Negara Aman Karena Ada Satpam

0
277

Ratusan pasukan satuan pengamanan (Satpam) memadati lapangan lalu lintas Polda Metro Jaya dalam rangka memperingati hari ulang tahun Satpam yang ke – 36.

Kegiatan ini turut dimeriahkan oleh Prof. Dr. Jend. Purn. Awaloeddin Djamin selaku Bapak Satpam Indonesia, serta beberapa pejabat dari Polri dan Polda.

Acara diawali oleh sambutan dan doa. Kemudian dilanjutkan pelepasan beberapa Satpam yang melakukan jalan santai, sebagian sisanya melakukan senam ceria di lokasi.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Asosiasi Profesi Sekuriti Indonesia Jakarta Raya, Aziz Said menyatakan bahwa perayaan hari ulang tahun Satpam tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Biasanya turnamen voli dan gerak jalan selama 13 tahun. Tiap tahun kita selalu selenggarakan dua kegiatan sebagai rangkaian hut Satpam. Tahun ini voli sengaja ditiadakan karena peserta semakin susah. Kumpulkan tim voli sulit,” kata Aziz, di lokasi.

Selain gerak jalan dan senam, acara ini juga dimeriahkan oleh hiburan musik dan kuliner serta beberapa lomba dengan hadiah yang menarik.

“Diharap lomba kali ini meriah. Hut satpam meriah juga. Peserta kali ini bertambah dari tahun sebelumnya,” kata Aziz.

Aziz menambahkan, untuk Upacara HUT Satpam akan diadakan di lapangan Monas pada bulan Januari 2017 nanti. Dalam Upacara tersebut sekaligus akan diumumkan juara lomba pada acara peringatan hari ini.

“Hari sabtu, tanggalnya belum ditentukan. Nanti diundang hadir pemenang lomba gerak jalan di HUT Satpam. Kali ini peserta bertambah. Hari ini ada 32 tim,” bebernya.

Sementara itu, Bapak Satpam Indonesia, Awaloeddin Djamin memaparkan peran Satpam dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

“Satpam punya peran besar bantu Polri laksanakan fungsi kepolisian meski terbatas. Negara aman sekarang karena ada satpam,” kata Awaloeddin.

Selain itu, dia juga menjelaskan bahwa saat ini tanggung jawab seorang Satpam sangat besar dan banyak di antaranya yang menjadi korban kekerasan pelaku kriminal ketika sedang melaksanakan tugas.

“Objek vital tanggung jawab perusahaan sendiri, bukan brimob. Kalau kacau, Polri baru turun membantu,” jelasnya.

Dia juga mengingatkan akan pentingnya peran Satpam dalam menjaga pabrik, perusahaan, hotel dan tempat umum lainnya.

“Saudara harus bangga walau di perusahaan dianggap bawahan. Kalian semua harus penuhi garda pratama. Kalian orang penting di negara ini. Saudara harus bangga dengan profesi satpam,” tegasnya.

Pria yang juga pernah menjabat sebagai Kapolri ini mengimbau agar profesi sebagai Satpam jangan sampai disalahgunakan.

“Jaga nama baik Satpam,” tandasnya.

Berikan Komentarmu