Masjid Istiqlal Berikan Parkir Ke Jemaah Gereja Katedral Saat Natal

0
262

Ribuan jemaah akan melakukan misa Natal di Gereja Katedral, Jakarta, tidak perlu khawatir masalah parkir. Pihak Katedral sudah melakukan koordinasi dengan Masjid Istiqlal untuk memberikan lahan parkirnya selama perayaan misa Natal.

“Kami telah berkoordinasi dengan pihak Masjid Istiqlal untuk minta izin menggunakan lahan parkir untuk jemaat. Mereka menyambut baik permintaan itu,” kata Humas Kepanitiaan Perayaan Natal 2016 Gereja Katedral, Bernard Hidayat di Gereja Katedral, Jakarta Pusat.

Tradisi toleransi ini memang sudah berlangsung sejak lama. Lokasinya berseberangan dengan masjid Istiqlal, menjadi simbol kerukunan di Indonesia.

Lahan parkir Masjid Istiqlal, kata Bernard, memang sudah rutin digunakan untuk menampung jemaah tidak hanya pada perayaan Natal saja, tapi juga pada hari peringatan lain seperti Hari Paskah.

Sebaliknya, jika umat Islam di Masjid Istiqlal menggelar hari perayaan, pihak Gereja Katedral selalu siap membantu dalam mengatasi soal parkir kendaraan. “Kami sudah lakukan ini setiap tahun. Saling membantu. Kalau lagi perayaan di Masjid Istiqlal kami sering bantu juga,” papar Bernard.

Selain di Masjid Istiqlal, lahan parkir untuk jemaat juga disediakan di Gedung Pos Indonesia, Kantor Bekang Mabes TNI Angkatan Darat, serta Sekolah Santa Ursulla.

Sementara untuk lalu lintas di sekitar Gereja Katedral, Bernard menyerahkan penanganan itu sepenuhnya kepada aparat keamanan. “Kalau untuk mengatur kelancaran lalu lintas, kami sudah berkoordinasi dengan para pengelola dan juga pihak kepolisian,” tuntas Bernard.

Berikan Komentarmu