Pilar Retak Di Jembatan Cisomang Disuntik Dengan Lem Khusus

0
334

Perbaikan terhadap jembatan Cisomang yang mengalami retakan dan pergeseran, di Kilometer 100.800 Tol Cipularang, di wilayah Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta. Saat ini terus dilakukan para pekerja dari Jasamarga dan Kementerian Pekerjaan Umum.

Dengan menggunakan sejumlah peralatan penunjang para pekerja melakukan perbaikan di jembatan itu.

Pengerjaan perbaikan yang dilakukan saat ini menurut para pekerja, merupakan tahap awal yaitu dengan melakukan penyuntikan terhadap pilar yang retak dengan menggunakan lem khusus berbahan kimia.

“Ya kami juga melakukan pelapisan menggunakan bahan karbon, untuk memperkuat pilar,” ujar salah seorang pekerja.

Sedikitnya enam pilar yang menopang jembatan akan diperkuat untuk mencegah pergeseran semakin meluas.

Sedangkan proses tahap lanjutan atau perbaikan secara permanen yang akan dimulai pada 3 Januari 2017 mendatang termasuk menurunkan alat berat. Perbaikan jembatan Cisomang sendiri sebelumnya ditargetkan selesai dalan 3 bulan ke depan.

Sementara akibat rekahan dan retakan jembatan Cisomang di Tol Cipularang, membuat ruas jalan di titik itu dilakukan penyempitan lajur. Pihak Jasamarga dan Kepolisian juga mengalihkan kendaraan besar seperti bus dan truk ke jalur arteri via pintu Tol Jatiluhur dan Sadang dari Jakarta mengarah ke Bandung. Sedangkan di jalur sebaliknya pengalihan melalui Tol Cikamuning dan pintu Tol Padalarang.

Berikan Komentarmu