Pentagon : Baghdadi Masih Hidup Dan Terus Pimpin ISIS

0
277

Juru bicara Pentagon Peter Cook menyebutkan para pejabat keamanan Amerika Serikat berpikir jika Abu Bakr al-Baghdadi, pemimpin kelompok teror Negara Islam Irak dan Syam (ISIS), masih hidup dan terus memimpin kelompok tersebut.

Ucapan Cook dilontarkan usai kelompok aktivis berbasis di London, Syrian Observatory for Human Rights, mengatakan tokoh senior ISIS bertemu untuk mencari pemimpin baru.

Cook menyebut Pentagon akan tetap mencari tahu keberadaan orang paling berpengaruh ISIS tersebut.

“Kami akan berusaha semampu kami untuk melacak keberadaannya (al-Baghdadi). Jika kami beroleh kesempatan, kami akan mengambil segala kesempatan itu untuk mengirim dia menghadapi hukum yang harus dia terima,” kata Cook.

Setelah beberapa bulan tidak ada tanda mengenai pemimpin tirani ISIS tersebut, pejabat AS mengonfirmasi mereka mewaspadai adanya pergerakan Baghdadi pekan lalu. Cook juga menambahkan militer Negeri Paman Sam akan mengerahkan segala cara.

“Kami akan melakukan segala yang kami mampu. Hal ini akan menghabiskan banyak waktu, tentu saja,” ujarnya.

Amerika Serikat terus melakukan upaya untuk menghabisi kekuasaan al-Baghdadi. Awal bulan ini, militer AS mengatakan akan membayar sebesar USD 25 juta (setara Rp 338 miliar) bagi mereka yang bisa membunuh Baghdadi.

Beberapa waktu lalu, Baghdadi dikabarkan tewas dalam serangan di Mosul. Kabar kematian Baghdadi sudah berulang kali dihembuskan, namun dia bisa lolos dari maut.

Berikan Komentarmu