Beda Dua Kelompok Massa Saat Sidang Ahok Di Kementan

0
247

Ketika sidang perkara dugaan penistaan agama oleh calon Gubernur DKI Jakarta pertahana, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok berlangsung di Auditorium D Kementerian Pertanian, ada dua kelompok massa yang tampak memenuhi Jalan RM Harsono, Jakarta Selatan.

Dua kelompok massa yang berdiri dipisahkan beberapa unit panser milik Kepolisian, tampak mencolok perbedaannya.

Selain busana yang mereka kenakan, aktivitas selama menunggu persidangan berlangsung pun berbeda.

Di sebelah kiri dari pintu masuk Kementerian Pertanian yang menghadap Jalan RM Harsono, beberapa orang terpantau kebanyakan mengenakan baju putih. Sejak pagi hari hingga jelang waktu salat Zuhur, mereka terus berorasi dan sesekali memekikkan takbir.

Sedangkan di sebelah kanannya, massa yang jumlahnya relatif lebih sedikit, terlihat mengunakan kemeja kotak-kotak. Pada pagi hari mereka sempat berorasi yang intinya menyatakan dukungan untuk sang terdakwa yang sedang disidangkan.

Menjelang siang hari, massa pendukung Ahok mulai lebih santai. Pengeras suara yang sebelumnya mengeluarkan suara orator, berganti dengan lagu.

Terdengar beberapa lagu dari grup musik Slank hingga musik elektronik yang tengah digandrung dari pengeras suara di kubu pendukung Ahok. Sejumlah orang pun mulai bergoyang sembari mengancungkan dua jari, salam yang biasa dilakukan Ahok saat berkampanye.

Menjelang waktu salat Dzuhur, massa di depan Kementerian Pertanian mulai berkurang. Beberapa beranjak sesaat untuk menunaikan salat, tapi ada juga yang langsung pergi meninggalkan lokasi sidang.

Berikan Komentarmu