Jokowi Akan Segera Terbitkan Perpres Badan Cyber Nasional

0
227

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengaku sudah mengajukan perpres tentang Badan Cyber Nasional kepada Presiden Joko Widodo. Pembentukan Badan Cyber Nasional ini guna mengantisipasi potensi ancaman kejahatan Cyber terhadap keamanan informasi.

“Persoalan cyber ini bukan hanya hoax atau yang sekarang terjadi tetapi ini sudah menjadi pertahanan kita karena persoalan serangan cyber bisa datang dari mana saja,” kata Pramono di kantornya, Jakarta.

Kendati sudah mengajukan perpres Badan Cyber Nasional, Pramono mengaku masih ada perbedaan pandangan di internal kabinet atas hal tersebut. Pandangan pertama menginginkan Badan Cyber Nasional yang berdiri sendiri sementara kedua menginginkan badan cyber lembaga negara.

“Pandangan ini yang tentunya memerlukan arahan dan finalisasi kepada presiden,” ujar Pramono.

Politikus PDIP ini menuturkan, pembentukan Badan Cyber Nasional sangat penting mengingat ancaman cyber di Tanah Air semakin meningkat. Seperti penyebaran informasi hoax merajalela sehingga mengancam keamanan negara. Apalagi, tambah dia, ancaman cyber sudah mulai menyerang berbagai negara.

“Sekarang ini ternyata persoalan cyber bukan hanya menimpa negara-negara yang sedang berkembang seperti Indonesia, negara maju pun termasuk Amerika Serikat, persoalan cyber juga mendapat perhatian khusus,” jelasnya.

“Maka dengan demikian, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini segera badan cyber apakah menjadi badan cyber nasional atau menjadi badan cyber lembaga nasional segera diputuskan bapak presiden,” tuntasnya.

Berikan Komentarmu