Pengibaran Bendera OPM Di KJRI Bisa Panaskan Hubungan RI-Australia

0
240

Seorang pria tak dikenal mengibarkan bendera Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Kantor Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Melbourne, Australia. Anggota Komisi I DPR Andreas Perreira berharap pemerintah khususnya Kementerian Luar Negeri mewaspadai aksi tersebut.

Dia menduga aksi ini merupakan suatu upaya untuk memperkeruh hubungan bilateral Indonesia dan Australia usai peristiwa penghentian sementara hubungan kerjasama militer antar dua negara.

“Mungkin ini adalah bagian dari pemancingan mengganggu hubungan antar dua negara,” kata Andreas di DPP PDIP, Jl Diponegoro, Jakarta.

Andreas berharap pemerintah Australia tegas terhadap pelaku dengan mendeportasi pria yang memulai aksinya dengan memanjat pagar tembok KJRI tersebut.

“Kita juga minta dalam hal ini pemerintah Australia tegas, kalau perlu mendeportasi mereka-mereka yang melakukan tindakan pengibaran bendera di KJRI,” ujarnya.

Sebelumnya, kantor Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Melbourne, Australia diterobos masuk oleh pria tak dikenal. Lelaki itu memanjat tembok dan naik ke atap lalu memajang bendera Bintang Kejora khas Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Aksi tersebut terekam dalam video berdurasi 2 menit 36 detik, yang diunggah akun Izzy Brown, Jumat (6/1). Dalam akun Facebook pribadinya, Izzy memang kerap mengunggah status berisi dukungan terhadap OPM.

Berikan Komentarmu