Ini Jawaban Mabes Polri Soal Desakan Jebloskan Rizieq Syihab Ke Penjara

0
305

Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Henry Yosodiningrat meminta kepolisian segera melakukan penangkapan terhadap Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab. Permintaan ini disampaikan Henry saat menyambangi Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta, Jumat (20/1) siang.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Rikwanto menilai wajar permintaan Henry Yosodiningrat tersebut. Sebab, Henry merupakan anggota DPR yang bisa saja mewakilkan suara masyarakat sehingga Henry berinisiatif mendatangi Mabes Polri untuk meminta penahanan terhadap Rizieq Syihab.

“Beliau anggota DPR, bisa jadi mewakili suara masyarakat,” kata Rikwanto di Mabes Polri.

Rikwanto menjelaskan desakan penahanan Rizieq dilatarbelakangi banyaknya pelaporan yang masuk ke polisi atas pelbagai kasus. Untuk hal ini, Rikwanto menegaskan proses pelaporan terus dikembangkan oleh kepolisian.

“Untuk masalah yang dilaporkan, dimana dilaporkannya kita proses. Sementara proses ada yang sudah penyelidikan, dan penyidikan,” katanya.

Sebelumnya, Henry Yosodiningrat beralasan Rizieq sudah sangat pantas untuk ditangkap karena menurutnya terus menerus telah melakukan berbagai perbuatan dan ucapan yang berisi provokasi, caci maki, fitnah terhadap berbagai pihak. Akibat sikap Rizieq itu, Henry meyakini telah menimbulkan keresahan bahkan perpecahan antar kelompok-kelompok masyarakat, etnis dan kelompok agama.

“Saya khawatir apabila perbuatan dan ucapannya dibiarkan dan dilakukan terus menerus, maka akan mengancam persatuan dan kesatuan,” katanya.

Selain itu, Henry beralasan Rizieq layak ditangkap dikarenakan telah banyak dilaporkan oleh sejumlah pihak. “Saya berpendapat dalam dugaan tindak pidana yang diduga dilakukan Rizieq telah dilaporkan telah terdapat cukup bukti,” katanya.

Anggota Komisi II DPR ini kembali menegaskan, penahanan perlu dilakukan dengan sesegera mungkin karena ia khawatir Rizieq akan terus menerus melakukan provokasi ke masyarakat yang akan menimbulkan kegaduhan.

Sementara, Anggota Komisi II DPR itu membantah kedatangannya ke Mabes Polri atas perintah partai. Dia mengaku petinggi PDI Perjuangan tak ada yang mengetahui bahwa dirinya akan mendesak kepolisian menangkap Rizieq Syihab.

“Tidak tidak. Demi Allah. Jangankan atas perintah partai, sepengetahuan partai aja tidak,” katanya.

Henry bahkan mengaku teman satu fraksinya di DPR saja tak mengetahui bahwa dirinya menyambangi Mabes Polri untuk mendesak melakukan penangkapan terhadap Rizieq Syihab. “Jangankan Bu Mega (Ketua Umum PDIP) teman satu fraksi ada nggak yang tahu rencana ini? Pasti nggak tahu.”

Berikan Komentarmu