6 Faktor Yang Dapat Membut Para Lansia Terkena Depresi

0
343

Biasanya, stres dan depresi seringkali mengenai mereka si kaum pekerja. Tuntutan hidup yang tinggi, beban kerjaan yang menumpuk, hingga dikejar deadline membuat orang jadi rentan terkena stres.

Ketika usia sudah menua, tentu kamu akan mengira bahwa kamu bisa terhindar dari stres. well, jangan salah persepsi. Sebab para lansia pun bisa mengalami stres yang berujung dengan depresi. Apa saja sebabnya?

  • Isolasi sosial menjadi penyebab utama munculnya depresi di kalangan lansia. Para lansia seringkali merasa kesepian sebab anak-anak mereka pergi merantau dan keterbatasan fisik yang sulit membuatnya bersosialisasi.
  • Pada beberapa orang, insomnia juga bisa menjadi penyebab munculnya depresi. Dan ternyata penggunaan obat tidur juga bisa makin memperparah.
  • Mengidap penyakit tertentu, kurangnya dukungan sosial, kehilangan orang yang dicintai, perceraian, atau kesepian makin membuat para lansia mengalami depresi.
  • Penyakit seperti hipertensi, stroke, demensia, kanker, atau diabetes meningkatkan risiko tinggi untuk terkena depresi.
  • Perubahan rutinitas dari yang biasanya aktif di usia muda juga akan membuat para lansia mengalami depresi.
  • Jangan biarkan pikiran negatif memenuhi otak. Sebab jika dibiarkan, maka depresi menjadi ujungnya.

Agar orang tuamu atau orang-orang yang kamu sayangi tidak mengalami depresi di masa tua, berikan dukungan dan perhatian penuh pada mereka. Pastikan bahwa kamu selalu ada ketika mereka membutuhkanmu.

Berikan Komentarmu