Temui Menlu Retno, Dubes AS Puji Pengaruh Indonesia Di ASEAN

0
298

Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia memperkenalkan Duta Besar AS yang baru kepada Menteri Luar Negeri Indonesia Retno LP Marsudi. Dalam perkenalan ini, Dubes Joseph R Donovan Jr menyebutkan kerja sama dengan Indonesia merupakan suatu hal strategis yang dihargai.

Donovan menyebutkan, meski pun saat ini telah berganti presiden, namun AS akan tetap menjaga hubungan baik dengan Indonesia.

“Saya kembali menegaskan pentingnya kerja sama dengan Indonesia dan juga menegaskan kerja sama strategis dengan Indonesia adalah sesuatu yang sangat kami hargai. Kami sangat optimis hubungan ini akan terus berkembang dalam pekan, bulan dan tahun-tahun ke depan. Kita akan memperkuat dan memperluas hubungan strategis dengan Indonesia,” ucapnya saat ditemui di Kementerian Luar Negeri Indonesia, Jalan Pejambon, Jakarta Pusat.

Dalam pertemuannya tersebut, Donovan juga mengucapkan terima kasih kepada Menlu Retno atas peran Indonesia di kawasan, termasuk dengan hubungan bilateral dengan Negeri Paman Sam tersebut dan juga dunia. Menurut dia, Indonesia merupakan pemimpin ASEAN dan juga pemain kunci di kawasan Asia Tenggara.

“Indonesia adalah pemimpin ASEAN, selain itu Indonesia juga pemain kunci di kawasan. Dan dalam konteks itu, Indonesia memainkan peran kunci dalam setiap masalah sulit yang ada di kawasan,” lanjut dia.

Donovan mengaku dirinya tertarik memperdalam dan perluas hubungan dengan Indonesia. Hal ini termasuk mencari cara untuk membantu Indonesia untuk mencapai prioritas yang sudah ditetapkan.

Menurut dia, masalah perdagangan merupakan salah satu contoh baik dalam membantu Indonesia.

“Dalam masalah perdagangan, kita akan mencari peluang pasar, dan area positif lainnya untuk pengembangan kerja sama,” ungkapnya.

Selain dengan Indonesia, Donovan juga mengatakan AS berencana memperluas komunikasi dengan negara-negara lain di Asia. Menurut dia, dalam hal perdagangan harus dicoba untuk mendapatkan kerja sama yang adil dan saling menguntungkan.

“Tentunya yang juga menguntungkan bagi pekerja dan perusahaan AS,” pungkasnya.

Sementara itu, Menlu Retno yang ditemui usai berdiskusi dengan Donovan mengaku itu adalah kali pertamanya bertemu dengan dubes AS baru ini, usai penyerahan surat kepercayaan dari pemerintah AS ke Presiden Jokowi beberapa pekan lalu.

Retno menyebutkan, ini adalah komitmen AS untuk melanjutkan strategic partnership yang dimiliki Indonesia dan AS. Meski demikian, mantan dubes Indonesia untuk Belanda itu mengatakan kalau masalah kebijakan yang pasti, semua masih belum tahu karena masih transisi.

“Kita akan lihat kebijakan seperti apa, tapi hubungan bilateral itu sendiri menurut Donovan tidak berubah, yaitu ada komitmen pemerintah Amerika untuk melanjutkan dan meningkatkan strategic partnership dengan Indonesia,” seru Retno di Kemlu.

AS, ujar Retno, juga rupanya memonitor kepemimpinan Indonesia di kawasan. Hal ini karena Indonesia berperan dalam membantu menyelesaikan masalah di Rakhine State.

“Amerika memonitor leadership Indonesia, konstruktif engagement Indonesia yang kita lakukan dalam rangka membantu menyelesaikan masalah Rakhine State,” tutup Retno.

Berikan Komentarmu