3 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Memiliki Anak

0
437

Ketika resepsi pernikahan sukses digelar, mungkin Anda berpikir kewajiban untuk menjawab pertanyaan “Kapan nikah?” dari orang-orang telah usai. Tapi kenyataannya tidak, sebab biasanya akan muncul pertanyaan berikutnya, “Jadi, kapan mau punya anak?”

Berikut beberapa hal yang perlu dipikirkan sebelum memutuskan untuk memiliki anak.

Perhitungkan kondisi keuangan

Seperti yang sudah dikatakan banyak orang, memiliki anak itu mahal. Tapi itu bukan berarti Anda harus memiliki tabungan yang luar biasa banyak, melainkan mulailah memangkas anggaran yang tidak perlu untuk membiasakan diri pada pengeluaran baru. Misal pengeluaran keanggotaan pusat kebugaran, kegiatan nongkrong di kafe, dan kebiasaan untuk makan malam di luar.

Dengan memangkas anggaran-anggaran sekunder tersebut maka Anda akan terbantu mempersiapkan anggaran untuk anggota keluarga yang semakin bertambah kelak.

Coba bayangkan berapa biaya popok, susu serta konsultasi rutin ke dokter dan bagaimana itu akan mengubah anggaran bulanan Anda. Jadi dengan membuat gambaran secara kasar pengaturan pengeluaran harian yang baru akan membantu Anda merasa lebih siap.

Berikan waktu ekstra untuk hubungan Anda

Jika berpikir dengan memiliki anak akan mampu ‘memperbaiki’ masalah dalam hubungan, maka pikirkan ulang. Sebab dibutuhkan sebuah tim yang kuat untuk menyambut kehadiran bayi. Kesabaran dan komunikasi Anda serta pasangan pun akan diuji.

Masalah-masalah yang mungkin dimiliki Anda dan pasangan saat hidup berdua akan makin nampak saat hadirnya si kecil. Jadi, sangat penting untuk menyelesaikan masalah-masalah itu terlebih dulu sebelum merencanakan punya anak.

Sadari bahwa Anda tidak bisa merencanakan semuanya

Banyak orang berkata jangan miliki bayi hingga Anda benar-benar ‘siap’. Tapi ingat bahwa tidak ada orang yang siap 100% untuk memiliki anak. Jadi, lakukan semuanya sebaik mungkin saja.

Toh meskipun Anda berpikir sudah siap, bukan berarti semuanya akan langsung terjadi kan? Pesta pernikahan dapat direncanakan, tapi tidak dengan kehamilan. Bahkan akan sulit bagi beberapa orang. Jadi kapan waktu paling pas untuk memiliki anak? Percayalah bahwa itu akan terjadi kapan saja, jadi bersiap-siap adalah sikap terbaik.

Berikan Komentarmu