Ini Alasan Rizieq Syihab Dijadikan Tersangka Penodaan Pancasila

0
239

Penyidik Polda Jabar resmi menetapkan pimpinan ormas Islam FPI Rizieq Syihab sebagai tersangka penodaan simbol negara, Pancasila. Peningkatan status hukum terhadap Rizieq Syihab itu dilakukan dari beberapa rangkaian gelar perkara oleh penyidik Ditreskrimum Polda Jabar.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, alasan penyidik menetapkan Rizieq sebagai tersangka lantaran memenuhi unsur Pasal yang disangkakan pelapor, Sukmawati Soekarnoputri yakni Pasal 154 a KUHP dan 320. Mulai dari penyelidikan hingga penyidikan seluruh bukti dan saksi yang diperiksa mengarah bahwa Rizieq melanggar Pasal tersebut.

“Pasal 154 a ini sudah ada keterangan saksi yang ada. Termasuk lambang penistaan lambang negara (Pancasila). Saksi ahli dari bahasa, sejarah, filsafat dan pidana. Ini yang bisa masuk menguatkan apakah ada masuk unsur penghinaan lambang negara atau tidak. Disinikan penistaan terhadap Pancasila. Ini masuk unsur-unsurnya,” kata Yusri di Mapolda Jabar, Senin (30/1) petang. Penetapan status tersangka itu dilakukan tak lama usai penyidik melakukan gelar perkara yang ketiga.
Gelar perkara dimulai pukul 11.00 WIB sampai 18.00 WIB.

Menurut Yusri, total sudah 18 saksi yang diperiksa. Seluruh saksi mulai dari yang ada di lapangan ketika Rizieq menyampaikan dakwahnya, pemberi izin kegiatan sampai panitia sudah dimintai keterangan. Untuk memperkuat saksi di lapangan itu kepolisian melengkapi saksi ahli lainnya. “Saksi fakta sudah dari awal, 15. Ditambah-tambah saksi lagi yang menyatakan ada saat itu dan itu ada kegiatannya,” jelasnya.

Dia juga memastikan, video yang dilampirkan pelapor Sukmawati Soekarnoputri tentang dakwah Rizieq di lapangan Gasibu Kota Bandung itu sudah dibuktikan keasilannya. “Beberapa bukti dokumen lain seperti film yang sudah berdasarkan pemeriksaan labfor yang menyatakan film itu asli dan bukan editan,” jelasnya.

Atas dasar itulah Rizieq resmi ditetapkan sebagai tersangka. Rizieq disangkakan Pasal 154a KUHP tentang tindak pidana terhadap lambang negara dan atau Pasal 320 KUHP tentang pencemaran nama baik.

Rizieq dalam kasus penistaan Pancasila, dilaporkan Sukmawati Sukarnoputri atas ucapan yang menyebut: Pancasila Sukarno Ketuhannya ada di pantat. Sedangkan Pancasila Piagam Jakarta Ketuhanannya ada di kepala. Ucapan itu disampaikan Rizieq dalam dakwahnya di Lapang Gasibu, Kota Bandung, pada 2011 lalu.

Berikan Komentarmu