Belum Terima Surat Penetapan Jadi Tersangka, Rizieq Tak Mau Diperiksa Polisi

0
228

Tim kuasa hukum pimpinan FPI Rizieq Syihab dipastikan tidak akan memenuhi panggilan pertama penyidik Polda Jabar pasca berstatus tersangka. Ketidakhadiran Rizieq pada pemeriksaan pertama dikarenakan belum menerimanya surat penetapan tersangka pada kliennya itu.

“Surat penetapan tersangka belum diterima sampai sekarang, padahal itu penting untuk klien kami mengajukan gugatan praperadilan,” kata Ketua Bantuan Hukum FPI Jabar Kiagus Muhammad Choiri, di Ponpes Annawawi, Jalan Gedebage, Kota Bandung.

Rizieq yang berstatus tersangka penodaan Pancasila, menurutnya, akan hadir jika akan hak-haknya sudah dipenuhi oleh polisi. Seperti surat penetapan tersangka dan pemanggilan.

“Surat pemanggilan juga belum diterima. Jadi tidak seharusnya klien kami datang memenuhi panggilan itu,” ujarnya.

Hak itu jugalah yang kata dia, akan dilakukan perlawanan hukum dengan cara melakukan praperadilan. Dia mengatakan, Rizieq sendiri sebenarnya orang yang patuh hukum. Jika surat tersebut benar-benar diterima pihaknya akan menghadirkan Rizieq pada pemeriksaan.

“Tapi kalau semua haknya sudah terpenuhi, klien kami pasti datang. Karena klien kami orang yang patuh dan taat hukum,” ujarnya.

Choiri mengaku sudah menyusun draf-draf permohonan gugatan praperadilan yang akan dibawa ke Pengadilan Negeri (PN) Bandung. Namun, pengajuan praperadilan tersebut terkendala surat penetapan tersangka yang hingga saat ini belum diberikan.

“Hingga saat ini praperadilan belum kami ajukan karena masih menunggu surat (penetapan tersangka) dari polisi. Tapi untuk draft permohonan sudah kami susun,” ungkap Choiri.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus sendiri sebelumnya sudah melayangkan jadwal pemeriksaan Rizieq Syihab pada Selasa (7/2). Surat pemanggilan sudah dikirim ke kediaman Rizieq Syihab, pada Kamis pekan lalu.

Berikan Komentarmu