Khamenei: Trump Tidak Akan Bisa Lumpuhkan Iran

0
271

Pimpinan tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei memastikan ancaman Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump tidak akan berlaku buat negaranya. Negeri para mullah ini tidak mau menghentikan program misil mereka dan menyebut AS tak akan bisa melumpuhkan Iran.

“Tidak ada musuh yang bisa melumpuhkan bangsa Iran,” ujar Khamenei merespon ancaman Trump dalam peringatan Revolusi Iran 1979 yang berlangsung Jumat nanti, usah bertemu dengan komandan militer di Teheran.

Khamenei menyebut, ucapan Trump yang memperingatkan Iran untuk menghentikan percobaan peluncuran misil mereka menunjukkan ‘wajah asli’ Amerika. Dia juga memastikan rakyatnya tidak akan takut menghadapi ancaman tersebut.

“Kami berterima kasih kepadanya telah membuat hidup kami lebih mudah setelah dia menunjukkan wajah asli Amerika. Jika Trump berkata, ‘anda harus takut pada saya’. Tidak! Rakyat Iran akan merespons kata-katanya pada 10 Februari dan menunjukkan keberaniannya terhadap ancaman itu,” tegasnya.

Ancaman itu dinyatakan Trump tak lama setelah Iran meluncurkan percobaan peluncuran misil pertama pada 29 Januari lalu. Dia menyatakan ‘Iran sedang bermain api’, serta mengajukan beberapa sanksi baru pada individu dan kelompok, beberapa di antaranya adalah petinggi Garda Revolusi.

Gedung Putih sendiri memastikan uji coba itu tidak melanggar perjanjian nuklir 2015 yang dilakukan dengan enam negara kuat di dunia. Namun, hal itu disebut mengganggu semangat perjanjian. Dewan Keamanan PBB sendiri mendesak agar Iran tidak membuat senjata nuklir, namun tak memberikan kewajiban apapun.

Berikan Komentarmu