PDIP Klaim Menangkan 57 Pilkada Serentak

0
236

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengklaim telah memenangkan 57 daerah dalam Pilkada serentak 2017. Persentase kemenangan sebesar 56,4 persen itu didapat berkat koalisi partai di sejumlah daerah.

“Kami melakukan kerjasama dengan parpol lain dan kami menang di 57 daerah dengan presentase kemenangan 56,4 persen,” kata Wasekjen PDIP Ahmad Basarah di Kantor DPP PDIP, Jakarta.

Dijelaskan dia, persentase kemenangan diambil dari hasil perolehan suara di 101 daerah yang meliputi Provinsi, Kabupaten dan Kota. Di mana kemenangan diraih di 5 Provinsi dengan 71 Kabupaten dan Kota.

“Gubernur menang di 5 daerah atau 71 kabupaten kota yakni Nangroe Aceh Darussalam, Sulawesi Barat, Papua Barat, DKI Jakarta dan Banten,” ujar dia.

Sementara, untuk kekalahan PDIP terjadi di 7 daerah, dua di antaranya di Gorontalo dan Bangka Belitung. “Kami menang di 52 kabupaten kota dan kalah di 42 persen. Jumlah ini diambil dari total pemilihan 94 kabupaten kota,” ucap Basarah.

Meski begitu, dari hasil keseluruhan Basarah dengan tegas menyebut kemenangan PDIP dengan persentase 56,4 persen itu sudah mencapai target. Mengingat, target PDIP menang di atas 50 persen.

“Tahun 2015 kemenangan kita di daerah 52 persen. Tahun ini 54 persen jadi ini sebuah peningkatan,” tuntas Basarah.

Berikan Komentarmu