Habib Rizieq Akan Bersaksi Di Sidang Ahok, Pengamanan Bakal Diperketat

0
290

Kepolisian bakal menambah personel untuk mengawal sidang lanjutan kasus dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama di kantor Kementan, Jakarta Selatan, Selasa (28/2). Penambahan personel menyusul rencana kesaksian pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Syihab.

“Setiap Selasa kan memang sidang Ahok. Nanti kita akan melihat saksi yang ditampilkan oleh JPU. Apabila pak Rizieq datang sidang sebagai saksi akan tetap dilakukan (pengamanan),” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya.

Argo mengatakan, jumlah personel yang ditambah saat Rizieq memberikan keterangan ahli dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) melihat situasi di lapangan. Penambahan personel dipastikan setelah melihat massa yang datang menyaksikan persidangan.

“Kita lihat di lapangan. Kalau memang massa banyak datang, penambahan personel dimungkinkan. Yang penting sidang lancar, kemudian yang ingin menyaksikan juga lancar, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di saat itu harus bisa tercapai,” kata dia.

Diketahui, dalam sidang yang digelar Selasa (21/2) lalu, Majelis Hakim kasus dugaan penodaan agama memberikan waktu Jaksa Penuntut Umum (JPU) dua kali sidang lagi untuk menghadirkan saksi ahli. Mengingat berdasarkan daftar yang diserahkan mereka, hanya tersisa lima orang saksi lagi yang akan didatangkan termasuk Ketua Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab.

Ketua JPU Ali Mukartono mengatakan, tidak ada masalah dengan permintaan majelis hakim mengenai pembatasan waktu tersebut. Sebab Majelis Hakim Dwiarso Budi Santiarto khawatir sidang akan berlarut jika tanpa pembatasan.

“Iya, karena ahli saya tinggal lima. Jadi permintaan majelis saya kira logis,” kata Ali di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa (21/2) malam.

Dia mengungkapkan, lima orang saksi ahli tersebut merangkum tiga bidang, pidana, bahasa dan agama. Salah satu saksi ahli agama yang rencananya akan dihadirkan adalah Rizieq Syihab. Walaupun belum dapat diketahui kapan rencana menghadirkannya.

“Belum tahu, biasanya jadwal kita habis sidang besok baru diskusi tim untuk sidang berikutnya siapa-siapa, jadi belum ditentukan malam ini,” tutupnya.

Berikan Komentarmu