Setya Novanto Ingin Raja Salman Terkesan Datang Ke Gedung DPR

0
220

Ketua DPR Setya Novanto meninjau persiapan penyambutan kedatangan Raja Saudi Arabia Salman Bin Abdulaziz Al-Saud di Gedung DPR. Novanto mengecek sejumlah ruangan di gedung kura-kura termasuk toilet.

Setya Novanto mengungkapkan persiapan penyambutan cucu dari Raja Faisal tersebut sudah mencapai 80 persen. Persiapan dilakukan oleh tim protokoler dari kerajaan Saudi, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Sekretariat Negara.

“Semuanya sudah berjalan dan mudah-mudahan hari selasa sudah selesai semua,” kata Novanto di Gedung DPR, Jakarta.

Tim dari Kemendagri dan Setneg tengah menyusun rencana untuk penerimaan Raja Salman. Setya Novanto ingin penyambutan Raja Salman di DPR meninggalkan kesan yang mendalam. Sebab, kunjungan raja Arab terakhir pada 47 tahun lalu saat Raja Faisal datang ke Indonesia.

“Kita persiapkan sebaik mungkin dengan suasana yang betul-betul memberikan kesan suatu negara Islam terbesar dengan suasana yang aman tentram,” ujarnya.

Dengan kesan yang membekas bagi Raja Salman serta rombongannya, diharapkan berbuah manis dalam upaya membangun kerja sama antar kedua negara.

“Saya selaku Ketua DPR juga ingin memberikan yang terbaik buat raja, negara Saudi Arabia supaya dalam penerimaan ini memberikan kesan, memberikan satu harapan kedua negara ini kerja sama semakin baik,” tutur Ketua Umum Partai Golkar ini.

Berbeda dengan banyaknya permintaan Raja Salman di Masjid Istiqlal, Setya Novanto mengaku tak ada permintaan khusus kepada DPR. Hanya saja segala sesuatunya disesuaikan dengan kondisi fisik orang-orang Arab yang lebih besar dan tinggi dari standar yang digunakan di Indonesia.

“Bukan permintaan khusus tapi kita akan sesuaikan misalnya jalan kita sesuaikan, keadaan duduk kita sesuaikan, supaya semuanya itu nyaman,” ujar Setnov.

Adapun beberapa penyesuaiannya yakni kursi untuk duduk Raja Salman setinggi 55 cm karena kursi yang standar digunakan di Indonesia hanya berkisar 44-47 cm. Lalu tangga di lobi nusantara pun dibuat landai untuk menyesuaikan kondisi raja Salman untuk berjalan.

Tak lupa, disediakan pula kamar mandi khusus untuk Raja Salman yang dilengkapi dengan sebuah kursi. Kamar mandi yang akan digunakan oleh raja Salman pun merupakan kamar mandi yang digunakan oleh Presiden.

Berikan Komentarmu