Ini Makanan Spesial Dari Jokowi Jamu Raja Salman Di Istana Bogor

0
225

Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala menyampaikan rincian aktivitas Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz al-Saud saat berkunjung ke Istana Bogor pada 1 Maret 2017.

“Presiden Joko Widodo akan menyambut di tangga pesawat lalu dari tangga pesawat beliau mengantar ke mobil raja. Raja masuk mobil kemudian Presiden Jokowi pulang duluan untuk menunggu di Bogor,” kata Darmansjah di lingkungan Istana Presiden Jakarta.

Raja Salman akan berada di Jakarta dan Bogor pada 1-3 Maret 2017. Selanjutnya raja beserta 1.500 anggota delegasi, termasuk 10 menteri dan 25 pangeran akan melakukan kunjungan wisata di Bali pada 4-9 Maret 2017. Kedatangan Raja Arab Saudi terakhir ke Indonesia adalah pada 1970.

Jeda waktu antara kepergian Presiden Jokowi ke Bogor dan keberangkatan Raja Salman adalah sekitar 10-15 menit. Rombongan Raja Salman yang datang ke Bogor terdiri atas 35 delegasi dengan 50 perangkat.

“Di Bogor sudah ada standar kunjungan kenegaraan seperti penyambutan kebesaran, ada iringan kuda, ‘drum band’, pasukan tradisonal, dentuman meriam, pasukan berkuda kan termasuk penyambutan kebesaran, kemudian ada pemeriksaan pasukan,” tambah Darmansjah.

Kedatangan rombongan juga disambut barisan anak-anak sekolah yang memegang bendera di sepanjang jalan menuju Istana Bogor.

“Selanjutnya ada kegiatan menanam pohon bersama di halaman belakang sayap kiri. Pohonnya sedang kita pilih, karena jenisnya bermacam-macam, saya tidak hafal jenisnya,” ungkap Darmansjah.

Makna penanamam pohon itu adalah persahabatan. “Yang menanam itu presiden dan raja, ditambah pangeran, ada 16 pangeran,” tambah Darmansjah.

Kegiatan selanjutnya adalah jamuan makan siang dengan memadukan menu Indonesia dan menu Timur Tengah.

“Dari masakan Indonesia kemungkinan kita sajikan ikan, sea food yang dibakar, kemudian ada panganan-panganan ringan Indonesia. Ada juga masakan nasi kebuli,” jelas Darmansjah.

Arab Saudi, menurut Darmansjah, juga mengaku meminta khusus disediakan makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan.

“Yang khusus itu buah-buahan. Buah-buahan akan kita pamerkan di meja itu, jadi termasuk dekorasi buah-buahan untuk dinikmati oleh raja juga. Itu harus buah lokal dari semua nama buah ada. Semua jenis buah kita perkenalkan juga, buah kita kan banyak sekali,” tambah Darmansjah.

Delegasi Arab Saudi juga akan mendapat pertunjukkan tari-tarian yang dipersiapkan oleh seniman Denny Malik.

“Ada tarian dari Aceh dan Melayu seperti tari japin lalu medley, tari saman dan tari Darussalam namanya,” ungkap Darmansjah.

Berikan Komentarmu