Wapres JK : Raja Salman Anggap Indonesia Rumah Keduanya

0
248

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Al-Saud sangat terkesan selama melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia. Raja Salman sangat terkesan dengan sambutan hangat yang ditunjukkan oleh masyarakat Indonesia.

JK mengatakan, Raja Salman menyebut sambutan hangat dari masyarakat Indonesia sangat luar biasa ketimbang Raja Salman melakukan kunjungan kenegaraan ke negara lain dan semenjak menjadi Raja Arab Saudi.

Saat melakukan pertemuan di Hotel Raffles, JK mengungkapkan Raja Salman mengutarakan bahwa Indonesia telah dianggap sebagai rumah kedua oleh Sang Penjaga Dua Kota Suci tersebut.

“Raja Salman menyatakan lagi terima kasih yang luar biasa, menganggap ini rumahnya yang kedua. Negeri saya yang kedua karena semenjak beliau jadi Raja dan keluar negeri saya kira ini penyambutan yang paling luar biasa menurut dia,” kata JK usai melepas keberangkatan Raja Salman di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur.

JK lalu bercerita ke Raja Salman bahwa sambutan hangat yang diberikan ke Raja Salman merupakan bukti kecintaan yang sangat besar dari masyarakat Indonesia ke Arab Saudi. Terlebih, masyarakat Indonesia tercatat paling sering ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji sekaligus berbelanja ketimbang pergi ke negara lain.

“Terbesar ke luar negeri itu ke Arab Saudi 1,2 juta per tahun. Berapa orang kita ke Jepang? Berapa orang ke Malaysia? Lebih besar ke Arab Saudi,” kata JK.

Diketahui, Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Al-Saud telah lepas landas dari Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur menuju Brunei Darussalam. Pesawat Raja Salman lepas landas dari Bandara Halim Perdanakusumah sekitar pukul 09. 54 Wib.

Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin melepas keberangkatan Raja Salman dan rombongan yang akan terlebih dahulu ke Brunei Darussalam sebelum menuju Pulau Bali tersebut.

Raja Salman telah melakukan sejumlah agenda selama berada di Indonesia. Hari pertama, yaitu Rabu (1/3) Sang Penjaga Dua Kota Suci melakukan pertemuan bilateral di Istana Bogor. Dalam pertemuan bilateral tersebut, Indonesia dan Arab Saudi menandatangani 11 nota kesepahaman.

Keesokan harinya, Raja Salman didampingi oleh Presiden Jokowi melaksanakan Salat Tahiyatul Masjid di Masjid Istiqlal. Setelah itu, Raja Salman menuju Istana Merdeka, Jakarta untuk menanam pohon ulin kayu dan melakukan pertemuan dengan sejumlah tokoh agama islam di Indonesia. Setelah itu, Raja Salman dan rombongan beristirahat di Pulau Bali hingga 9 Maret mendatang.

Berikan Komentarmu