Bertemu Megawati, Presiden Afrika Selatan Beri Gelar Pahlawan Buat Soekarno

0
206

Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma bertemu dengan Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta. Banyak pembahasan dalam pertemuan keduanya, di antaranya memberi gelar pahlawan pada dua orang Indonesia di Afrika Selatan.

“Dan yang juga menjadi sebuah kehormatan adalah dari negara Afrika Selatan telah menjadikan dua orang Indonesia pahlawan negaranya, yaitu presiden pertama republik Indonesia Presiden Soekarno dan yang satu lagi adalah Syekh Yusuf,” kata Megawati.

Ketua Umum PDIP itu juga mengatakan jika dialog dilakukan terjalin sangat hangat. Dengan dialog hangat, dia berharap hubungan terjalin akan akan lebih erat.

“Tadi kita telah melakukan pembicaraan yang begitu hangat. Sehingga untuk lebih bisa menjalin erat hubungan persahabatan tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Jacob Zuma menyampaikan ucapan terima kasih kepada Megawati. Zuma mengaku senang dapat berkunjung ke Indonesia. Kunjungan ini berhubungan dengan IORA dan menjadi hari terakhir dirinya bersama rombongan di Indonesia.

“Kami menyampaikan rasa terima kasih dan hormat kepada Ibu Megawati, karena ia masih berkontribusi terhadap sejarah negara. Kunjungan kami di sini berhubungan dengan IORA. Ini merupakan hari terakhir kunjungan kami ke indonesia, sebelum kami kembali,” kata Jacob.

Megawati mengaku, selain menjalin hubungan persahabatan, pihaknya juga akan menjalin hubungan antar partai. Hubungan dengan ini, dia harap mampu mempererat hubungan persahabatan.

“Kita juga bicara untuk mengadakan hubungan antara kedua partai. Partai juga dalam artian untuk mempererat persahabatan,” kata Mega.

Jacob mengamini pernyataan Mega tentang hubungan antar partai. Jacob mengatakan hubungan antar partai penting selain hubungan ekonomi dan pemerintahan. “Kami sangat menaruh perhatian terhadap partai. karena bagi kami partai berperan besar terhadap pemerintahan,” terangnya.

Berikan Komentarmu