Tekan Kesenjangan, Ini Yang Disepakati Jokowi Dengan Pimpinan Negara

0
232

Presiden Joko Widodo dan sejumlah pimpinan lembaga negara sepakat ingin mengurangi kesenjangan sosial ekonomi yang terjadi di Tanah Air. Untuk itu, Presiden Joko Widodo akan melakukan redistribusi aset dan reforma agraria yang diharapkan akan mengurangi kesenjangan yang ada di masyarakat.

Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo usai berkonsultasi dengan sejumlah pimpinan lembaga negara di Istana Merdeka, Jakarta.

“Kami akan memulai untuk membagikan konsesi-konsesi kepada rakyat, kepada tanah adat, kepada koperasi-koperasi, kepada pondok pesantren,” kata Jokowi.

Jokowi menambahkan, pemerintah akan berupaya mempercepat pembagian sertifikat tanah bagi masyarakat yang belum memilikinya. Sehingga, masyarakat nantinya dapat memiliki hak rangka mengakses permodalan ke perbankan.

“Intinya itu yang kami bicarakan,” katanya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menjelaskan, pertemuan dengan pimpinan lembaga negara merupakan ajang silaturahmi yang dimaksudkan untuk mencontohkan kepada masyarakat bahwa menjalin silaturahmi dibutuhkan untuk menghadapi berbagai tantangan.

“Bahwa persatuan, bahwa kesatuan, kebersamaan sangat dibutuhkan menghadapi berbagai tantangan kebangsaan tantangan global, ketidakpastian yang semakin berat kita rasakan sekarang ini maupun tantangan-tantangan ke depan,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyampaikan tentang pertumbuhan ekonomi, inflasi sampai tantangan berat yang dihadapi oleh pemerintah dalam menghadapi kesenjangan. Jokowi mengatakan pertemuan itu dilakukan untuk meminta masukan dari mereka yang hadir.

“Kami mohon masukan dari Bapak-Ibu pimpinan lembaga negara yang hadir pada siang hari ini,” ujarnya.

Jokowi menyampaikan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2016 mencapai 5,02 persen. Angka tersebut, kata Jokowi, naik dari tahun sebelumnya, yaitu pada angka 4,88 persen.

Pimpinan lembaga negara yang hadir, yaitu Ketua DPR Setya Novanto yang datang didampingi lengkap dengan empat Wakil Ketua DPR, Ketua MPR Zulkifli Hasan yang juga hadir didampingi lengkap oleh empat wakilnya. Ketua DPD Mohammad Saleh yang juga datang didampingi oleh wakilnya.

Terlihat pula hadir, Ketua MK Arief Hidayat, Ketua MA Hatta Ali, Ketua KY Aidul Fitriciada dan Ketua BPK Harry Azhar. Sementara, dalam pertemuan, Presiden Jokowi didampingi oleh Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Berikan Komentarmu