Pilgub Jabar, Surya Paloh Bebaskan Emil Memilih Calon Wakilnya

0
461

Partai Nasional Demokrat (NasDem) secara resmi telah mendeklarasikan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur Jawa Barat, di Lapangan Tegalega, Kota Bandung. Pria yang akrab disapa Emil ini pun telah menyatakan kesiapannya untuk mengikuti perhelatan pemilihan Gubernur Provinsi Jabar 2018.

Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh mengatakan, pihaknya belum mengantongi nama yang akan menjadi pasangan Emil dalam Pilgub Jabar nanti. Surya Paloh justru menyerahkan kepada Emil.

“Saya pikir itu sudahlah yang jadi gubernur kan. Emil nanti yang akan memberi tahu kapannya,” ujar Surya Paloh kepada wartawan usai acara deklarasi.

Sementara itu, Emil mengatakan, pihaknya tidak memiliki kapasitas untuk menentukan siapa yang akan mendampinginya dalam Pilgub Jabar nanti. Sebab kata Emil, dirinya bukan berasal dari parpol.

“Saya orang tidak berpartai, jadi enggak punya kapasitas memilih, kecuali semua parpol sepakat bahwa pilihan wakil misal diserahkan ke saya. Tapi kan enggak juga ada partai yang saya dekati minta wakil dari partai itu,” jelas Emil.

Namun demikian, lanjut Emil, jika diberi kebebasan untuk memilih wakil, dia mensyaratkan sosok wakil yang akan mendampinginya harus memiliki dua kriteria. Yakni nilai kepemimpinan dan membantu elektabilitas.

“Alhamdulillahnya Partai NasDem tidak ada syarat, minta tidak masuk wakilnya tidak ada mahar. Menyerahkan pemilihan wakil ke saya dan ini kan belum diikuti oleh semua partai. Jadi saya enggak bisa bilang seperti apa. Yang pasti punya dua kriteria, punya nilai kepemimpinan dan membantu elektabilitas,” tutup Emil.

Berikan Komentarmu