2,5 Tahun Dipimpin Jokowi, 66 Persen Masyarakat Indonesia Puas

0
181

Indo Barometer melakukan survei evaluasi publik terkait kinerja Jokowi-JK di 2,5 tahun pemerintahan mereka. Hasilnya, masyarakat Indonesia puas dengan kinerja keduanya dan masih ingin dipimpin kembali oleh Jokowi-JK.

Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari mengatakan, dalam survei ini, tingkat kepuasan terhadap kinerja Jokowi-JK mencapai 50 persen lebih.

“Tingkat kepuasan pada Presiden Joko Widodo 66,4 persen, tidak puas 32 persen. Kepuasan pada Wakil Presiden Jusuf Kalla 57,8 persen tidak puas 35,8 persen. Menginginkan kembali Jokowi sebagai Presiden 2019 57,8 persen; tidak menginginkan 26,7 persen,” katanya di Hotel Grand Sahid Jaya, Sudirman, Jakarta Pusat.

Meski hasilnya cukup positif, Qodari berpesan agar partai pendukung dan pengusung Jokowi tidak lantas berpuas diri. Sebab jika dibandingkan dengan Susilo Bambang Yudhoyono dahulu, tingkat kepuasan mencapai 80 persen.

“Setelah perjalanan Pak Jokowi dua tahun setengah di angka 66 persen, idealnya 2019. Nanti approval rating harusnya 80 persen, kalau sampai berarti kinerjanya bagus. Artinya dalam waktu tersisa dua tahun ke depan, PR Jokowi masih 14 persen. Kalau ini dibagi dua tahun, tiap tahun harus naik 7 persen,” tutupnya.

Survei dilaksanakan di 34 provinsi di seluruh Indonesia dengan jumlah responden sebesar 1200 orang. Di mana margin of error sebesar plus minus 3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Responden dipilih dengan metode multistage random sampling untuk menghasilkan responden yang mewakili seluruh populasi publik dewasa Indonesia.

Pengumpulan data dengan wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner. Dari perbandingan karakteristik demografis yang terpilih, tampak bahwa responden survei ini mirip dengan populasi secara keseluruhan. Di mana waktu pengumpulan data dari tanggal 04-14 Maret 2017.

Berikan Komentarmu