Ini Tanggapan Anies Masuk Menteri Terbaik Jokowi Versi Indo Barometer

0
189

Lembaga survei Indo Barometer merilis survei bertajuk ‘Evaluasi Publik Dua Setengah Tahun Pemerintahan Jokowi-JK’. Survei dilakukan pada tanggal 4-14 Maret 2017 di 34 provinsi.

Salah satu hasil survei Indo Barometer itu, menempatkan Anies Baswedan di posisi ketiga sebagai menteri yang berkinerja baik dengan perolehan angka 8,9 persen. Setelah sebelumnya Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti diperingkat pertama dengan perolehan (26,3 persen) dan Menteri Agama Lukman Hakim di posisi kedua dengan perolehan 12,3 persen.

Menanggapi itu, Anies yang tak lagi menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Kabinet Jokowi-JK mengaku bersyukur kinerjanya selama 2 tahun direspon baik oleh masyarakat. Meskipun sejak Agustus 2016 Anies digantikan mantan rektor UMY Muhadjir.

“Kami bersyukur ada respon positif dari masyarakat dan kita garis bawahi bahwa pendidikan itu memang menjangkau masyarakat banyak,” kata Anies di DPP PAN, Jalan Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Selama dua tahun bertugas, Anies mengaku melakukan berbagai terobosan-terobosan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Selain melakukan berbagai pembaharuan, Anies pun mengaku bekerja maksimal untuk perbaikan pendidikan di Indonesia.

“Ketika kemarin kita mengabdi di sana (Kemendikbud) semua yang dikerjakan 100 persen untuk terobosan-terobosan baru. Saya bersyukur saja kalau ada respon positif,” ungkap Anies.

Saat disinggung pengalamannya sebagai menteri sebagai bekal pengalaman di Pilgub DKI Jakarta, Anies mengaku tak bermaksud seperti itu. Anies mengedepankan pribadi yang menawarkan kebaruan untuk Jakarta.

“Kami menawarkan kebaruan, sama-sama bawa pengalaman tapi kami bawa kebaruan kalau yang satu tidak membawa kebaruan. Pengalaman birokrasi, teknokrasi dan juga kebaruan,” tutupnya.

Survei dilaksanakan di 34 provinsi di seluruh Indonesia dengan jumlah responden sebesar 1.200 orang. Di mana margin of error sebesar plus minus 3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Responden dipilih dengan metode multistage random sampling untuk menghasilkan responden yang mewakili seluruh populasi publik dewasa Indonesia.

Pengumpulan data dengan wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner. Dari perbandingan karakteristik demografis yang terpilih, tampak bahwa responden survei ini mirip dengan populasi secara keseluruhan. Di mana waktu pengumpulan data dari tanggal 04-14 Maret 2017.

Berikan Komentarmu