Roy Suryo : Mobil Jokowi Mogok Kok Malah SBY Disalahkan

0
285

Mobil kepresidenan tengah jadi pembicaraan publik. Pertama karena mobil dinas kepresidenan yang digunakan Presiden Jokowi sering mogok. Kedua karena ada satu unit mobil kepresidenan yang hingga kini masih dipinjamkan ke Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Roy Suryo mengaku prihatin karena mobil dinas Jokowi sudah empat kali mogok. Namun, kata dia, yang lebih memprihatinkan adalah tudingan meminjam mobil kepresidenan yang diarahkan kepada SBY.

Roy menuturkan, SBY seolah disalahkan dan dituduh tidak mengembalikan mobil Kepresidenan yang dipinjamkan oleh pihak istana. Padahal, merujuk pada UU No 7 tahun 1978 Pasal 8 ayat 2, pemerintah diwajibkan menyediakan mobil dan fasilitas lainnya kepada mantan Presiden dan Wakil Presiden.

“Kasihan Presiden Jokowi kalau kendaraan resmi kenegaraannya sering trouble. Tetapi lebih kasihan lagi Pak SBY karena sebenarnya ada Hak beliau yang termasuk kewajiban negara sesuai UU tadi yang belum diterimakan, kok malah (seolah-olah) dipersalahkan dan harus mengembalikan barang pinjaman,” ujar Roy saat.

Dia menceritakan, SBY telah menghubungi mantan Menkopolhukam Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) Djoko Suyanto, mantan Sekretaris Kabinet era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Sudi Silalahi dan mantan Menteri Sekretaris Kabinet, Dipo Alam terkait persoalan mobil ini. SBY hanya ingin memastikan prosedur pengadaan fasilitas bagi mantan Presiden.

“Beliau sempat mengirimkan Pesan SMS yg ditujukan ke Pak Djoko Suyanto, Pak Sudi Silalahi dan Pak Dipo Alam, tetapi sekedar tell the true saja. Agar tidak ada yang memanfaatkannya untuk hal-hal lain karena ini sebenarnya hanya masalah protokoler saja,” kata Roy.

Untuk diketahui, mobil Kepresidenan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mogok saat dipakai kunjungan kerja di Kalimantan Barat. Ternyata, itu bukan kali pertama mobil Kepresidenan Jokowi mogok. Sedikitnya sudah empat kali terjadi.

Mobil yang dipakai Jokowi memang bukan baru melainkan bekas Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Saat ini, mobil Kepresidenan Mercy S600 Guard ada delapan namun satu masih dipinjamkan ke SBY.

“Dipinjamkan sejak 2014 lalu,” kata Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumla.

Darmansjah mengatakan setiap mantan presiden dan wakil presiden diberikan bantuan berupa rumah, mobil plus sopir, asuransi kesehatan dan pengawal. “Beliau (SBY) rencananya mau mengembalikan mobil itu,” katanya.

Sejauh ini, lanjut Darmansjah, semua dokumen mobil sudah disiapkan sebagai milik negara akan dipulangkan. “Ini inisiatif beliau,” ucapnya.

Berikan Komentarmu