Polri Persilahkan Sekjen FUI dkk Ajukan Praperadilan

0
355

Sekjen Forum Umat Islam Indonesia (FUI) yang juga pimpinan aksi 313, Muhammad al Khaththath ditangkap polisi. Al Khaththath ditangkap bersama empat orang lainnya diamankan saat jelang aksi 313 pada Jumat (31/3) dini hari.

Mereka kemudian dibawa ke Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, untuk menjalani pemeriksaan. Polisi menyebut mereka diamankan dan diperiksa dalam kasus makar.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono mengatakan bahwa bila ada pihak yang tidak setuju dengan penahanan kelima tersangka tersebut dan ingin mengajukan praperadilan maka kepolisian siap menerimanya.

“Hak sebagai tersangka dan keluarga untuk mengajukan praperadilan, ada lembaga juga yang menilai dan menguji,” ungkapnya di kompleks Polda Metro Jaya.

Lebih jauh mantan Kabid Humas Polda Jatim ini mengatakan pihak kepolisian telah melaksanakan tugasnya secara professional. “Silakan nanti kita tunggu saja. Seandainya tidak terima atau merasa kurang prosedur. Yang penting kepolisian sudah melakukan dengan profesional dan sesuai prosedur yang ada,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa sampai sekarang belum ada permintaan penangguhan penahanan. Kalaupun ada, maka adalah hak penyidik untuk menilai apakah layak ditangguhkan atau tidak.

“Sampai sekarang belum ada (permintaan penangguhan). Yang pasti itu hak tersangka nanti penyidik yang akan menilai apakah ini layak untuk ditangguhkan atau tidak,” tutupnya.

Berikan Komentarmu