Ini Alasan Kenapa Polisi Minta Sidang Penuntutan Ahok Ditunda

0
195

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Irjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan, surat permohonan Kapolda kepada ketua pengadilan untuk menunda sidang pembacaan tuntutan Ahok merupakan keinginan kepolisian. Salah satu yang menjadi pertimbangannya adalah masalah keamanan.

“Itu permohonan ya keinginan polisi yang disampaikan Kapolda itu pertimbangan keamanan,” kata Boy, di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat.

Akan tetapi, lanjut Boy, dipenuhi atau tidaknya permohonan tersebut merupakan kewenangan pihak pengadilan, polri hanya sekedar menyarankan untuk adanya penundaan agar menjelang pilkada 19 April hari pemungutan suara nanti suasana bisa aman, kondusif dan damai.

“Penundaan sidang sepenuhnya ketua pengadilan yang menentukan. Jadi, bapak ketua pengadilan punya otoritas menentukan, bukan kepolisian. Kalau Kapolda Metro hanya saran saja,” ujar Boy.

Boy ingin memberikan ruang sampai tanggal 19 April nanti untuk fokus persiapan Pilkada tanpa terganggu dengan adanya proses hukum yang tengah dijalani salah satu kandidat. Pemeriksaan yang dijalani pasangan calon Anies-Sandi ikut dihentikan sementara agar semuanya berjalan adil.

“Ini kan masa kampanye belum selesai kemudian akan menghadapi hari tenang, ada persiapan dari penyelenggara jadi biar lebih fokus. Saya harap masyarakat juga mendukung, pemilu yang demokratis harus bebas dari intimidasi hukum, kegaduhan, karena polisi tanggung jawab keamanan ingin wujudkan itu,” terang Boy.

Menurut Boy, agenda sidang dan pemeriksaan masih bisa dilakukan setelah tanggal 19 April nanti.

“Jadi berkaitan proses hukum, berkaitan pasangan apakah pak Ahok atau dengan pak Anies, itu memang ada rencana setelah tanggal 19. Termasuk kapolda sarankan sidang setelah tanggal 19. Semua hanya pertimbangan keamanan saja,” ungkap Boy.

Meski begitu, Boy akan tetap mendukung jika agenda sidang dan pemeriksaan masih dilakukan tanpa penundaan. Pihak kepolisian, kata Boy, akan tetap melakukan pengamanan dengan lebih ketat jelang hari pencoblosan.

“Keamanan tetap dijalani. Kepolisian tetap mengamankan proses persidangan proses pilkada. Keamanan akan lebih kuat, lebih fokus dan lebih ekstra,” tandas Boy.

Berikan Komentarmu