Besok, Jokowi Dijadwalkan Lantik Saldi Isra Jadi Hakim MK

0
133

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memilih Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Andalas Saldi Isra sebagai Hakim Konstitusi pengganti Patrialis Akbar. Jokowi direncanakan akan melantik Saldi Isra di Istana Negara, Selasa (11/4) besok.

“Menurut rencana (Saldi Isra) besok dilantik (sebagai Hakim MK)” kata Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi saat dikonfirmasi.

Johan menambahkan, menurut rencana pelantikan Saldi Isra akan dibarengi dengan pelantikan tujuh Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan lima Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terpilih.

“Informasinya begitu (Pelantikan berbarengan)” kata Johan.

Seperti diketahui, Saldi Isra mendapatkan rangking pertama dalam hasil seleksi Hakim MK pengganti Patrialis Akbar yang diberhentikan secara tidak hormat karena tertangkap tangan menerima suap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Selain Saldi Isra, Panitia Seleksi, meloloskan dua calon lainnya, yaitu Pengajar Hukum Universitas Nusa Cendana Kupang, Bernard L Tanya yang berada di ranking kedua perolehan penilaian dari Pansel MK. Mantan Dirjen Peraturan Perundang-Undangan Kementerian Hukum dan HAM, Wicipto Setiadi berada di ranking ketiga hasil penilaian.

Sementara, DPR telah mengesahkan nama tujuh komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan lima komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2017-2022, yang telah dinyatakan lolos tahap uji kepatutan dan kelayakan pada Rabu (5/4).

Tujuh komisioner KPU terpilih adalah Ilham Saputra, Evi Novida Ginting Manik, Wahyu Setiawan, Pramono Ubaid Tanthowi, Hasyim Asy’ari, Arief Budiman, dan Viryan.

Lima komisioner Bawaslu terpilih adalah Ratna Dewi Petalolo, Mochammad Afifudin, Rahmat Bagja, Abhan, dan Fritz Edward Siregar.

Berikan Komentarmu