Ketua MPR: Islam Dan Politik Tak Mungkin Dipisahkan

0
184

Ketua MPR Zulkifli Hasan menegaskan Islam dan politik tak mungkin bisa untuk dipisahkan. Pernyataan Ketua Umum PAN ini seakan menjawab pernyataan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu yang ingin agar agama dan politik tak dicampuradukkan.

“Islam dan politik tidak mungkin dipisah-pisah. Tidak mungkin dipisah-pisah. Islam itu system tata nilai, bagaimana misahnya. Oleh karena itu Bung Karno mengatakan kebangsaan dan Islam sumber inspirasi dan sumber moral kekuatan bagi bangsa Indonesia merdeka,” kata Zulkifli dalam pidatonya di seminar nasional kebangsaan Gerakan Mubalig dan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta.

Dia mengaku tak mengerti jika ada pihak yang ingin agar agama dan politik tak dicampuradukkan.

“Jadi kalau ada orang baru sekarang terus mengatakan Islam harus dipisah dari politik, lah maksudnya kata orang Betawi maksudnya ape?,” katanya.

Dia bersyukur Pilgub DKI berlangsung dengan tertib dan aman. Dia juga bersyukur pasangan Anies-Sandi menang.

“Kita bersyukur pilkada Jakarta sudah berlangsung dengan tertib dan aman dan menanglah perjuangan dan doanya hampir 7 juta umat Islam di Jakarta ini,” katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo angkat bicara terkait panasnya suhu politik dalam negeri yang berujung konflik horizontal di tengah masyarakat. Presiden mengingatkan untuk menghindari perpecahan hanya karena berbeda pilihan politik.

“Memang gesekan kecil-kecil kita ini karena Pilkada. Benar nggak? Karena pilgub, pilihan bupati, pilihan walikota, inilah yang harus kita hindarkan,” kata Presiden saat meresmikan Tugu Titik Nol Peradaban Islam Nusantara di Kecamatan Barus, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, seperti dilansir Antara, Jumat (24/3) lalu.

Kepala Negara meminta tidak mencampuradukkan antara politik dan agama yang saat ini berujung pada konflik di masyarakat. “Dipisah betul, sehingga rakyat tahu mana yang agama, mana yang politik,” katanya.

Berikan Komentarmu