Soal Hak Angket KPK, Masinton Pasaribu: Kalau KPK Bersih Kenapa Risih?

0
179

Anggota Komisi III DPR, Masinton Pasaribu, mengingatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk tidak mendramatisir hak angket yang didorong DPR. Sebagai institusi independen yang selama ini dianggap bersih, Masinton meminta KPK tak gentar.

“KPK jangan takut-takut, kerja terus, angket ini tidak mengganggu tupoksi (tugas pokok dan fungsi) KPK. Kalau bersih kenapa risih,” kata Masinton dalam talkshow akhir pekan dengan topik Meriam DPR untuk KPK di Warung Daun Jl Cikini Raya, Jakarta Pusat.

Masinton memastikan, hak angket digulirkan guna mengawasi penanganan kasus di KPK bukan untuk mengintervensi penegakan hukum lembaga antirasuah tersebut. Menurut politikus PDI Perjuangan ini, mengawasi KPK adalah sebuah keniscayaan agar Indonesia menjadi negara bebas korupsi.

“Tidak boleh ada ketimpangan-ketimpangan sekecil apapun di internal KPK karena UU sudah memberikan kewenangan sangat besar kepada KPK,” ucapnya.

Pria kelahiran Sibolga, Sumatera Utara ini menegaskan secara individu dirinya juga konsisten mendukung pemberantasan korupsi yang digaungkan KPK. Kendati demikian, bukan berarti harus menutup mata terhadap penyimpangan yang mungkin dilakukan KPK.

Sebab dalam temuannya, terjadi beberapa kali penyimpangan di KPK seperti pembocoran dokumen rahasia, tata kelola lembaga yang amburadul, dan terjadi konflik internal di tubuh KPK.

“Tenang saja. (Dukungan terhadap KPK) Tidak bergeser satu senti pun, saya pastikan,” tegas dia.

Di samping itu, Masinton juga memastikan dorongan hak angket KPK bukan untuk menyelamatkan oknum anggota DPR yang terbelit kasus korupsi melainkan merealisasikan amanah konstitusi.

“Sebagai politikus ini kerja bukan karena opini tapi karena konstitusi dan UU,” pungkasnya.

Berikan Komentarmu