MUI Soal HTI: Pancasila Sudah Final Dan Dipilih Founding Fathers

0
155

Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) telah menyatakan sikap terkait keberadaan organisasi kemasyarakatan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Pemerintah mengusulkan pembubaran terhadap HTI lantaran ideologinya yakni khilafah bertentangan dengan Pancasila.

Wakil Ketua Umum dan Perundang-undangan MUI Ikhsan Abdullah menegaskan bila prinsip dasar negara Indonesia adalah Pancasila. Menurutnya, ideologi Pancasila sudah final dan dipilih langsung oleh Founding Fathers.

“Prinsip dasar negara kita kan sudah final, itu sudah diambil, dipilih oleh para founding fathers. Bahkan MUI yang terdiri dari NU dan Muhammadiyah itu sudah memiliki sikap yang jelas dan tegas bahwa kami mengamini dan memilih bahwa ini final,” kata Ikhsan usai menghadiri sebuah diskusi bertajuk ‘Dramaturgi Ahok’ di Jakarta.

Ditegaskan dia, bila HTI anti Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 maka kelompok tersebut tidak cinta tanah air. Sehingga, HTI telah kehilangan legitimasinya baik secara agama atau pun negara.

“Dia kehilangan legitimasi. Baik secara agama berarti dia tidak cinta tanah air. Baik secara negara karena kita sudah punya NKRI berdasarkan UUD 1945 dan Pancasila maka dia kehilangan legitimasi berarti dia tidak akan didukung semua elemen bangsa,” ujar dia.

Ikhsan menuturkan prinsip negara Indonesia sudah jelas menganut ideologi Pancasila dan hal itu tidak bisa diganggu gugat. Oleh karena itu, dia menyatakan sebagai anak bangsa dan warga negara Indonesia sudah seharusnya mengikuti ideologi yang sudah disepakati para pendiri bangsa.

“Tindakan yang dilakukan oleh pemerintah bukan represif, tetapi lebih pada memberikan naungan, mengayomi, meluruskan. Jangan sampai tindakannya tidak terukur. Karena itu nanti akan jadi stigma yang dilakukan kelompok lain yang menuduh kelompok lain tidak Pancasilais,” pungkas Ikhsan.

Berikan Komentarmu