Jokowi Anugerahkan Bintang RI Adipura Ke Raja Swedia

0
161

Presiden Joko Widodo menganugerahkan Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia Adipurna kepada Raja Swedia, Carl XVI Gustaf. Penyerahan tanda kehormatan ini bertepatan dengan kunjungan Kenegaraan Raja Swedia di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan, penyerahan tanda kehormatan dilakukan usai kedua kepala negara menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman antara Indonesia-Swedia.

“Penyerahan tanda kehormatan tersebut didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 51/TK/Tahun 2017 tanggal 19 Mei 2017,” ujar Bey melalui pesan singkat.

Berdasarkan keterangan tertulis Kepala Biro Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan Laksma TNI Suyono Thamrin, tanda kehormatan tersebut diberikan sebagai penghargaan atas jasa-jasanya yang sangat luar biasa di berbagai bidang yang sangat berguna bagi kelangsungan hubungan baik kedua bangsa dan negara. Selain itu, pemberian tanda kehormatan tertinggi tersebut juga mempertimbangkan kesetaraan hubungan timbal balik kenegaraan di mana sebelumnya Presiden Joko Widodo juga menerima tanda kehormatan serupa (The Royal Order of the Seraphim) dari Raja Swedia.

Sebelumnya Presiden Jokowi mengatakan, kunjungan kenegaraan Raja Swedia ke Indonesia menghasilkan beberapa kesepakatan. Di antaranya kedua negara sepakat meningkatkan kerja sama di bidang perdagangan, dan sepakat mendukung kemerdekaan Palestina.

Selain itu, Swedia dan Indonesia juga sepakat meningkatkan kerja sama pengembangan energi baru terbarukan, kerja sama industri kreatif, dan kerja sama di bidang transportasi. Kerja sama ini tertuang dalam nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani usai pertemuan bilateral.

Berikan Komentarmu