Ical Minta Golkar Bantu Presiden Jokowi Ciptakan Kedamaian

0
186

Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie meminta kader dan pengurus partai membantu Presiden Joko Widodo mewujudkan kehidupan damai di masyarakat. Permintaan ini berkaca dari dampak panasnya suhu politik dan sosial di masyarakat saat gelaran Pilkada DKI Jakarta yang terasa hingga saat ini.

“Pada proses pilkada DKI memunculkan situasi panas, tapi alhamdulillah saat ini sudah berlalu,” kata Aburizal Bakrie di lokasi Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) II Partai Golkar di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Ical sapaan akrabnya, menuturkan, gerakan separatis kerap muncul di tengah kehidupan masyarakat Indonesia yang terdiri dari beraneka ragam suku, agama dan budaya. Dia mencontohkan gerakan separatis di Papua dan Minahasa. “Apalagi kalau sudah ada dukungan dari asing,” katanya.

Sebagai negara demokrasi yang menegakkan supremasi hukum, Indonesia harus menyikapinya kondisi ini secara persuasif. Namun tetap menegakkan komitmen negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai harga mati.

“Partai Golkar agar membantu pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk turut menciptakan kehidupan masyarakat yang damai dan stabil,” katanya.

Mantan Menko Kesra pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini melihat, pemicu persoalan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat adalah faktor kesenjangan sosial. Menurut dia, salah satu solusi memperbaiki kesenjangan sosial adalah dengan menggalakkan program keluarga berencana (KB).

“Kalau pertumbuhan penduduk terus tinggi, maka sulit mengatasi kesenjangan. Sebaliknya, jika pertumbuhan penduduk dapat ditekan dan dibarengi dengan perbaikan pendidikan dan kesehatan, maka kesenjangan dapat diatasi,” katanya.

Berikan Komentarmu