Dipidana Karena Korupsi, Tiga Anggota DPRD Sumut Diganti

0
91

Tiga anggota DPRD Sumatera Utara (Sumut) yang sudah dijatuhi hukuman penjara karena terbukti melakukan tindak pidana korupsi, akhirnya resmi diganti. Proses Pergantian Antar Waktu (PAW) ketiganya digelar dalam Sidang Paripurna.

Anggota DPRD Sumut yang di-PAW yaitu Guntur Manurung (Demokrat), Zulkifli Effendi Siregar (Hanura), dan Bustami HS (PPP). Guntur digantikan HM Dahril Siregar, Zulkifli digantikan Fahrizal Efendi Nasution, sedangkan Bustami HS digantikan Darwin. Penggantian ini dilakukan karena ketiganya sudah dinyatakan bersalah dan putusannya sudah berkekuatan hukum tetap.

“Ketiganya dinyatakan secara sah dan meyakinkan bersalah melanggar UU Tindak Pidana Korupsi berdasarkan putusan pengadilan,” kata Ketua DPRD Sumut, Wagirin Arman.

Guntur, Zulkifli dan Bustami dijatuhi hukuman setelah diproses Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena menerima aliran dana gratifikasi dari (mantan) Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho. Majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta menyatakan mereka terbukti bersalah melakukan tindak pindana korupsi.

Guntur Manurung dijatuhi hukuman 4 tahun penjara, denda Rp 200 juta subsider 3 bulan kurungan, dan membayar uang pengganti kerugian negara Rp 350 juta. Zulkifli Effendi Siregar dipidana 4 tahun penjara, denda Rp 200 juta subsider 3 bulan kurungan dan membayar uang pengganti Rp 215 juta. Sementara Bustami dijatuhi hukuman 4 tahun penjara, denda Rp 200 juta subsider 3 bulan kurungan dan dibebankan membayar uang pengganti Rp 50 juta.

Selain ketiganya, masih ada 4 anggota DPRD Sumut lain yang juga sudah dijatuhi hukuman dalam perkara sama. Keempatnya yaitu Muhammad Afan (PDIP), Budiman Nadapdap (PDIP), Zulkifli Husein (PAN) dan Parluhutan Siregar (PAN). Namun, mereka belum di-PAW.

Berikan Komentarmu